Timika (ANTARA News) - Dua kelompok warga suku Moni di Timika, Jumat siang, terlibat bentrokan hingga seorang warga terluka dan dua rumah rusak berat setelah dilempari oleh salah satu kelompok.

Bentrokan tersebut terjadi di Nawaripi, Kampung Wonosari Jaya-SP4 Timika, tepat di depan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika.

Saksi di lokasi kejadian menyebutkan, bentrokan antardua kelompok warga suku Moni itu dipicu kasus melarikan isteri orang.

Pugusigapane Emani, isteri dari Sepanus Emani dan Abutel Bagau disebut-sebut dibawa kabur oleh Urupinus Yanampa.

Merasa harga dirinya diinjak-injak oleh orang lain, pada Jumat siang pihak korban yakni kelompok Yulek Emani mendatangi rumah Musa Yanampa selaku kerabat dekat Urupinus untuk menuntut pertanggungjawaban.

Namun permintaan kelompok Yulek Emani ditolak mentah-mentah oleh Musa Yanampa. Ia enggan bertanggung jawab lantaran kasus tersebut tidak pernah diketahuinya.

Penolakan Musa memicu amarah kelompok Yulek Emani. Kelompok Yulek Emani langsung menyerang rumah Musa dengan batu dan kayu.

Akibat penyerangan tersebut, Musa mengalami luka pada dahi akibat lemparan batu dan dua rumah termasuk rumah milik Musa rusak berat setelah diterjang batu dan kayu.

Aparat patroli perintis Polres Mimika yang tiba di lokasi kejadian sempat kewalahan mengatasi bentrokan antardua kelompok warga suku Moni itu.

Polisi akhirnya harus melepaskan tembakan peringatan ke udara untuk mencegah kedua kelompok warga terlibat aksi saling serang.

Hingga Jumat petang, polisi dan warga kedua kelompok masih berjaga-jaga untuk mengantisipasi adanya serangan susulan dari kelompok yang lain.

(T.E015/S026)



Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010