KRL Yogyakarta-Solo bakal segera diuji coba, sebelum beroperasi penuh

id krl yogyakarta,krl yogyakarta solo,kai,kereta komuter

Ilustrasi: Pekerja memasang tiang listrik aliran atas untuk kereta rel listrik Yogyakarta-Solo di Tukangan, DI Yogyakarta, Sabtu (27/6/2020). Pembangunan jalur kereta rel listrik Yogyakarta-Solo ditargetkan rampung pada Oktober 2020 mendatang untuk menggantikan Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) guna mendukung transportasi kereta bandara Yogyakarta-Solo. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj.

Solo (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) optimistis segera mengoperasikan Kereta Rel Listrik (KRL) komuter Yogyakarta-Solo seiring dengan persiapan yang terus dilakukan.

"Segera uji coba, hari ini sedang dirapatkan Dirjen Perkeretaapian, Balai Perkeretaapian, dan Daop VI," kata Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta Eko Budiyanto di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Selain itu, kata dia, pembahasan tersebut juga terkait penentuan jumlah perjalanan KRL dan seperti apa pola operasinya.

Baca juga: Yogyakarta - Solo segera terhubung dengan KRL

Ia mengatakan pada tahap pertama nantinya uji coba dilakukan untuk rute Yogyakarta-Klaten. Sedangkan untuk sampai di Solo, diharapkan bisa direalisasikan akhir tahun ini atau awal tahun depan.

"Rencananya nanti dari Stasiun Tugu Yogya-Stasiun Klaten ada 10 perjalanan atau 5 kali perjalanan pp (pulang pergi), tetapi ini baru tahap pembicaraan," katanya.

Selain pembahasan mengenai operasional, lanjut dia, persiapan lain yang dilakukan adalah dalam waktu dekat ini kereta yang akan digunakan sebagai KRL akan didatangkan dari Jakarta. Sedangkan mengenai harga tiket, menurut dia, juga masih dalam tahap pembahasan.

Baca juga: Pemerintah pastikan KRL Solo-Yogyakarta beroperasi2020

"Harga tiket masih dibahas, kan nanti juga masih ada uji coba," katanya.

Ia mengatakan untuk KRL tersebut nantinya akan berada di bawah pengelolaan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) yang merupakan anak perusahaan PT KAI (Persero).

"Untuk kereta komuter mulai 1 Oktober dikelola oleh KCI, termasuk layanan tiket, komplain, masalah pelayanan, dan operasional. Meski demikian, kalau perawatan tetap oleh PT KAI," katanya.

Baca juga: KAI garap proyek KRL Solo-Yogyakarta
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar