Jakarta (ANTARA) - Terdapat beberapa berita politik kemarin (Senin, 5/10) yang menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca, yakni rapat paripurna DPR RI menyetujui RUU Ciptaker menjadi UU hingga survei Voxpopuli Research Center atas tingkat kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Berikut sejumlah berita politik kemarin yang masih menarik untuk dibaca hari ini:

1. Rapat Paripurna DPR setujui RUU Ciptaker menjadi UU

Rapat Paripurna DPR RI, Senin, menyetujui Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker) menjadi UU.

"Perlu kami sampaikan, berdasarkan yang kita simak dan dengar bersama maka sekali lagi saya memohon persetujuan di forum rapat paripurna ini, bisa disepakati?" kata Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin dalam rapat paripurna di kompleks DPR RI, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


2. F-Demokrat "walk out" dari Paripurna DPR tolak RUU Ciptaker

Fraksi Partai Demokrat DPR RI memutuskan keluar (walk out) dari Rapat Paripurna DPR RI dengan salah satu agenda pengesahan RUU Cipta Kerja yang berlangsung pada Senin.

"Kalau begitu, Demokrat menyatakan walk out dan tidak bertanggung jawab (atas persetujuan RUU Ciptaker menjadi UU)," kata anggota Fraksi Partai Demokrat Benny K. Harman dalam rapat paripurna di kompleks DPR RI, Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini


3. Bawaslu bubarkan 48 kampanye langgar protokol kesehatan

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) membubarkan 48 kampanye yang melanggar protokol kesehatan selama sepekan sejak berlangsungnya tahapan kampanye Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020.

Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar, di Jakarta, Senin, mengatakan Bawaslu bekerja sama dengan kepolisian membubarkan kampanye yang melanggar protokol kesehatan tersebut.

Selengkapnya di sini


4. PKS umumkan Ahmad Syaikhu jadi presiden partai

Partai Keadilan Sejahtera mengumumkan susunan kepengurusan periode 2020—2025 yang memosisikan Ahmad Syaikhu sebagai Presiden PKS menggantikan Mohamad Sohibul Iman.

Sementara itu, Habib Aboe Bakar Alhabsyi ditunjuk sebagai sekertaris jenderal menggantikan Mustafa Kamal.

Selengkapnya di sini


5. Survei: Kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi tinggi

Hasil survei Voxpopuli Research Center menyebutkan tingkat kepuasan publik kepada Presiden RI Joko Widodo masih cukup tinggi di tengah ancaman pandemi COVID-19.

"Selama setahun periode kedua Jokowi, kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden masih menjulang tinggi hingga mencapai 64,7 persen," kata Direktur Eksekutif Voxpopuli Research Center Dika Moehamad dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020