Festival Mengolah Rendang bakal digelar perdana di Payakumbuh

id berita payakumbuh,berita sumbar,rendang

Festival Mengolah Rendang bakal digelar perdana di Payakumbuh

Ilustrasi rendang (ANTARA/Shutterstock)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat akan melaksanakan Festival Marandang (Mengolah Rendang) untuk pertama kalinya yang bakal digelar pada tanggal 15 sampai 16 Oktober 2020.

Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz di Payakumbuh, Selasa, mengatakan festival ini juga untuk lebih menggelembungkan branding atau pencitraan Kota Payakumbuh sebagai City Of Randang.

"Festival ini pelaksanaannya akan dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratapan Ibu, kelurahan Ibuh itu diikuti oleh lima kabupaten/kota se-Sumatra Barat," kata dia.

Berkaitan dengan kegiatan ini berlangsung di tengah pandemi COVID-19, Pemkot Payakumbuh melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan bekerja sama dengan para influencer atau pemengaruh di dunia maya.

"Kegiatan ini akan dapat disaksikan nantinya secara virtual. Kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan, maka ke depannya kita berharap kegiatan ini dapat masuk dalam kalender ajang tahunan kota Payakumbuh”, kata dia.
Baca juga: Antropolog: Rendang bukan hanya makanan tapi identitas budaya Minang

Ia mengatakan saat ini kota Payakumbuh sudah memiliki sekolah khusus untuk belajar memasak rendang.

“Dengan berdirinya sekolah rendang ini, kita berharap ke depan akan banyak SDM terampil yang mampu memasak rendang. Sehingga kota Payakumbuh bisa memproduksi rendang sebanyak 10 ton per hari," ujarnya.

Tidak cukup sampai di situ, Erwin mengutarakan harapannya agar dengan pencitraan sebagai City of Randang, maka suatu saat nanti Kota Payakumbuh dapat menjadi sentra kuliner rendang terbesar yang pernah ada.
Baca juga: Sentuhan Gordon Ramsay jadikan masakan Minang kian mendunia

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat Andiko Jumarel mengatakan selama kegiatan festival berlangsung yang hanya diperbolehkan hadir di lokasi acara selain panitia pelaksana dan hanya ada perwakilan dari setiap dinas pariwisata setiap daerah yang ikut serta untuk memeriahkan Festival Marandang ini. Diharapkan ada lima daerah yang mengikuti festival tersebut.

“Untuk tetap melaksanakan kegiatan Festival Marandang ini secara virtual, kami akan menjalin kerjasama dengan beberapa orang influencer dan youtuber kenamaan. Agar dapat menayangkan secara langsung selama Festival Marandang berlangsung, sehingga seluruh warga dapat menyaksikan melalui media sosial," ujarnya.

Selain itu, ujar dia, kegiatan tersebut tidak hanya tentang kuliner, juga akan ada pertunjukan seni marandang yang dipersembahkan oleh sanggar Pituah Bundo kota Payakumbuh.

Baca juga: Kementerian Koperasi UMKM pastikan kesiapan Payakumbuh ekspor rendang

Pewarta : Miko Elfisha
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar