Mentan harapkan Lampung dapat kembangkan pertanian modern

id Pertanian lampung, pertanian modern, menteri pertanian,mentan

Mentan harapkan Lampung dapat kembangkan pertanian modern

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat panen raya padi di Kabupaten Lampung Tengah, Bandarlampung, Selasa 6/10/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengharapkan Provinsi Lampung untuk dapat mengembangkan pertanian modern, guna menjaga kinerja sektor pertanian untuk tetap bertumbuh di tengah pandemi COVID-19.

"Saya berharap sektor pertanian dapat menjadi salah satu sektor yang fokus dikembangkan di Lampung, salah satunya pertanian modern," ujar Syahrul Yasin Limpo, di Kabupaten Lampung Tengah, Selasa.

Baca juga: Luncurkan Kartu Tani di Lampung, Mentan salurkan KUR dan asuransi

Ia mengatakan, pengembangan pertanian modern dapat dilakukan oleh Provinsi Lampung dengan menjalin kerja sama bersama stakeholder yang ada.

"Varietas yang ada sudah baik, produktivitas, budidaya pun sudah baik, tinggal di tambah dengan mekanisme serta pemanfaatan teknologi untuk membentuk pertanian yang modern dengan bekerjasama stakeholder dan terus berinovasi sehingga tidak perlu menunggu pemerintah," katanya.

Menurutnya, kinerja sektor pertanian diharapkan dapat terus tumbuh di level positif meski di tengah krisis di masa pandemi COVID-19.

Baca juga: Mentan: Lampung butuh klasterisasi petani untuk tingkatkan pertanian

"Kita harus menjaga pasokan makanan untuk rakyat di tengah pandemi COVID-19, selain itu kita perlu menjaga pemulihan perekonomian Indonesia melalui pertumbuhan sektor pertanian yang modern, mandiri dan maju," ucapnya.

Pada kuartal kedua tahun 2020, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor pertanian masih bertumbuh hingga 16,24 persen secara kuartal ke kuartal (q to q) saat banyak sektor usaha lainnya terkontraksi hingga ke level negatif akibat pandemi COVID-19, sehingga kinerja sektor pertanian perlu dijaga untuk tetap bertumbuh di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Mentan : Sektor pertanian menjadi penopang pendapatan negara
Baca juga: Mentan pastikan proyek lumbung pangan berkonsep korporasi petani

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar