Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi menghiasi pemberitaan sektor perekonomian kemarin (6/10), mulai dari strategi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto untuk mendongkrak ekspor dan pemanfaatan Kredit Usaha Rakyat untuk menaikkan skala bisnis.


Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan delapan strategi Kementerian Perdagangan untuk mendongkrak kinerja ekspor nonmigas di tengah pandemi COVID-19.

 

"Kemendag akan terus melakukan langkah konkret dalam meningkatkan kinerja ekspor nonmigas guna menghasilkan tren pertumbuhan ekspor yang positif. melalui beberapa strategi," ujar Mendag saat meluncurkan penyelenggaraan Good Design Indonesia 2021 secara virtual di Jakarta, Selasa.

Selengkapknya  baca: Mendag sampaikan delapan strategi dongkrak ekspor nonmigas


Kepala Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Felippa Ann Amanta menilai pengesahan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja membuka peluang pada peningkatan investasi asing langsung (FDI) di sektor pertanian, seperti di perkebunan, peternakan dan hortikultura.

 

Adanya peluang untuk meningkatkan investasi di sektor ini diharapkan mampu berdampak positif pada kesejahteraan petani di Tanah Air dan peningkatan produksi pertanian domestik.

 

Selengkapknya baca : Peneliti: UU Cipta Kerja buka peluang tingkatkan investasi pertanian

PLN melakukan penandatanganan Perjanjian Induk Kerja Sama dengan PT Perusahaan Gas Negara Tbk membangun infrastruktur LNG di 52 pembangkit listrik dalam upaya mengurangi konsumsi BBM agar bisa menekan Biaya Pokok Produksi (BPP) tenaga listrik yang efisien.

 

"Dengan kerja sama itu, PGN akan menyediakan pasokan dan pembangunan Infrastruktur Liquefied natural gas (LNG) di 52 lokasi pembangkit listrik PLN," kata Direktur Energi Primer PLN, Rudy Hendra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.


 

Selengkapnya baca : PLN teken kerja sama bangun infrastruktur LNG di 52 pembangkit


Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melatih 200 industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT) tentang Sistem Manajemen Mutu guna meningkatkan kemampuan bersaing di pasar domestik maupun ekspor.

 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi, Selasa, menjelaskan Balai Besar Tekstil menyelenggarakan Kelas Online Santai (Kelosan) untuk industri TPT melalui platform Zoom Meeting yang diikuti 200 peserta yang terdiri dari pelaku industri TPT skala besar, industri kecil dan menengah (IKM), serta wirausaha baru (WUB).


Selengkapnya, baca: Kemenperin latih 200 industri TPT soal manajemen mutu

 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) digunakan untuk meningkatkan skala bisnis petani dari produksi hingga ke pascapanen.

 

"KUR juga perlu didorong agar dalam pengembangan skala ekonomi yang lebih luas, petani mampu membeli, contohnya, rice milling unit (mesin penggiling padi) yang bisa dikerjakan langsung ataupun juga bisa dibuatkan ekosistem petani dan nelayan," kata Airlangga dalam konferensi pers daring usai rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta, Selasa.

Selengkapknya baca : Airlangga minta KUR digunakan untuk naikkan skala bisnis petani

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020