Kemarin Menaker jelaskan UU Cipta Kerja, ajak pekerja beri masukan

id uu cipta kerja,subsidi gaji,kasus covid,puncak musim hujan

Kemarin Menaker jelaskan UU Cipta Kerja, ajak pekerja beri masukan

Buruh dari berbagai organisasi turun ke jalan di kawasan industri Kebun Besar, Tangerang, Banten, Selasa (6/10/2020), untuk memprotes pengesahan Undang Undang Cipta Kerja. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pada Selasa (6/10) menyampaikan penjelasan mengenai Undang-Undang (UU) Cipta Kerja dan mengajak pekerja serta pengusaha memberikan masukan dalam penyusunan peraturan turunan dari undang-undang tersebut.

Selain itu ada warta mengenai data terkini kasus COVID-19, penyaluran subsidi gaji, serta prakiraan puncak musim hujan yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

Menaker: Prematur simpulkan pekerja rentan PHK akibat UU Cipta Kerja

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan bahwa prematur jika ada yang menyimpulkan kalau Undang-Undang Cipta Kerja akan membuat pekerja rentan terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). 

"RUU Cipta Kerja ini justru ingin memperluas penyediaan lapangan kerja dan meningkatkan kualitas perlindungan bagi pekerja atau buruh, utamanya perlindungan bagi mereka yang mengalami PHK melalui program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP)," katanya.

Menaker ajak serikat buruh beri masukan dalam penyusunan PP UU Cipta Kerja

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengajak pemangku kepentingan terkait termasuk serikat pekerja/buruh dan pelaku usaha untuk duduk bersama dan memberikan masukan dalam penyusunan peraturan pemerintah turunan dari UU Cipta Kerja klaster ketenagakerjaan.

"Saya mengajak kembali untuk duduk bersama, ada perintah untuk mengatur lebih detail dari UU Cipta Kerja ini. Mari, saya mengajak stakeholder ketenagakerjaan apakah pengusaha atau serikat pekerja/buruh kita duduk bersama untuk menyempurnakan kembali peraturan pemerintahnya," katanya.

Pemerintah akan salurkan subsidi gaji tahap V

Kementerian Ketenagakerjaan telah menyalurkan subsidi gaji kepada 11.470.586 orang atau 98,42 persen dalam pencairan tahap I sampai IV dengan total sasaran 11,8 juta orang dan akan melakukan penyaluran tahap V untuk sekitar 600.000 pekerja mulai Rabu (7/10).

Kasus COVID-19 bertambah 4.056

Jumlah kasus COVID-19 di Tanah Air bertambah 4.056 kasus menjadi total 311.176 kasus menurut data terkini pemerintah pada Selasa (6/10) pukul 12.00 WIB. Jumlah pasien yang sembuh dari penyakit itu bertambah 3.844 menjadi 236.437 orang dan jumlah pasien yang meninggal dunia karenanya bertambah 121 menjadi 11.374 orang.

Puncak musim hujan diprakirakan terjadi Januari-Februari 2021 di Pulau Jawa

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan puncak musim hujan di Pulau Jawa akan terjadi Januari sampai Februari 2021.

 

Pewarta : Indriani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar