Kami sudah siapkan tempat untuk pemakaman khusus bagi jenazah pasien COVID-19
Cirebon (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat, menyiapkan pemakaman khusus bagi pasien yang meninggal akibat terkonfirmasi positif COVID-19, untuk menghindari penolakan dari warga.

"Kami sudah siapkan tempat untuk pemakaman khusus bagi jenazah pasien COVID-19," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Rabu.

Agus mengatakan tempat pemakaman khusus yang sudah disiapkan oleh Pemkot Cirebon untuk jenazah terkonfirmasi positif COVID-19 dipusatkan di TPU Kedung Menjangan, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Baca juga: Wali Kota Cirebon sebut restoran abai terapkan jaga jarak

Pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19 tersebut, lanjut Agus, sebagai upaya mencegah adanya penolakan dari warga sekitar dan meminimalkan konflik di masyarakat.

Menurutnya, TPU Kedung Menjangan sendiri memiliki luas sekitar 1,5 hektare dan diharapkan tidak ada konflik seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di Kabupaten Cirebon.

Baca juga: Kabupaten Cirebon tambah 13 kasus terkonfirmasi positif COVID-19

"Luasan TPU sendiri yaitu 1,5 hektare dan ini diharapkan bisa meminimalkan konflik," ujarnya.

Agus menambahkan untuk pengurusan jenazah COVID-19 dipastikan semua sudah sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

Baca juga: 102 tenaga kesehatan di Cirebon terjangkit COVID-19

Pihaknya berharap masyarakat bisa memahami bahwa pengurusan jenazah yang terkonfirmasi positif COVID-19 berbeda dengan pada umumnya atau tidak sama.

"Kalau positif, prosedur pengurusan jenazah harus sesuai prosedur penanganan COVID-19. Ini harus dipahami masyarakat," katanya.

Baca juga: Tambah 30, kasus positif COVID-19 di Kabupaten Cirebon masih tinggi


 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020