Papua Barat catat tambahan 210 kasus konfirmasi positif COVID-19

id Papua Barat

Papua Barat catat tambahan 210 kasus konfirmasi positif COVID-19

Juru Bicara Satgas COVID-19 Papua Barat, dr Arnoldus Tiniap (Antara/Toyiban)

Manokwari (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua Barat mencatat tambahan 210 kasus konfirmasi positif COVID-19 pada Kamis, sehingga total mencapai 2.754 orang.

"Hari ini Papua Barat ada tambahan cukup signifikan yakni 210 kasus baru," ucap Juru Bicara Pemprov Papua Barat pada Penanganan COVID-19, Arnoldus Tiniap di Manokwari, Kamis.

Ia menyebutkan Kota Sorong melaporkan tambahan 114 kasus baru, Kabupaten Sorong 46, Manokwari 38, Kaimana enam, Manokwari Selatan tiga, Sorong Selatan dua dan Maybrat satu orang.

Baca juga: Tambah delapan, positif COVID-19 Kota Sorong capai 1.050 kasus

Secara akumulatif, sebut Tiniap, warga yang terpapar COVID-19 di Papua Barat saat ini sudah mencapai 2.754 orang. Dari jumlah itu, 1.393 berhasil sembuh, 39 orang meninggal dunia dan sisanya masih menjalani isolasi rumah sakit dan mandiri.

"Untuk pasien sembuh, hari ini ada penambahan tujuh orang. Itu dari Kabupaten Sorong empat, Kota Sorong dua dan Manokwari satu orang," sebut Arnold lagi.

Ia mengemukakan bahwa sejak pertengahan Agustus hingga saat ini, grafik temuan kasus baru cenderung naik di Papua Barat. Klaster baru pun bermunculan di sejumlah daerah.

Baca juga: IDI Manokwari minta keluarga dukung pasien COVID-19 isolasi mandiri

"Ini adalah 'warning' untuk kita semua, kewaspadaan harus ditingkatkan. Tanaga kesehatan sudah banyak yang tertular, begitu juga ASN (aparatur sipil negara) bahkan anggota TNI dan Polri. COVID-19 ini siapa pun bisa kena, ancamannya nyata," katanya.

Arnold menyebutkan, dari 13 daerah di Papua Barat, tersisa Pegunungan Arfak yang belum melaporkan temuan kasus COVID-19. Kota Sorong memiliki temuan kasus paling tinggi.

Baca juga: IDI: Nakes di Manokwari harus tetap disiplin prokes di luar jam kerja

Sesuai laporan Satgas COVID-19 Papua Barat, di Kota Sorong saat ini tercatat sebanyak 1.164 kasus, Teluk Bintuni 549, Manokwari 478, Kabupaten Sorong 209, Raja Ampat 149,Sorong Selatan 77, Teluk Wondama 50, Fakfak 47, Manokwari Selatan 15, Kaimana 11, Maybrat tiga dan Tambrauw dua kasus.

"Kabupaten Maybrat sempat kembali ke zona kuning namun hari ini kembali ke zona merah. Di Papua Barat tersisa Pegunungan Arfak yang masih hijau," katanya.

Baca juga: Pasien positif COVID-19 kota Sorong mencapai 1042 orang

 

Pewarta : Toyiban
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar