Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Georgia berhasil melewati Belarusia untuk menjadi negara pertama yang mengunci status sebagai finalis fase playoff kualifikasi EURO 2020.

Menjamu Belarusia di Stadion Boris Paichadze, Tbilisi, pada Kamis waktu setempat (Jumat WIB), Georgia menang 1-0 atas Belarusia dalam semifinal playoff Jalur D berkat gol tunggal Tornike Okriashvili lewat titik putih, demikian catatan laman resmi UEFA.

Baca juga: Jadwal playoff EURO: tujuh negara berpeluang debut di putaran final

Okriashvili sebelumnya dijatuhkan oleh Nikolay Zolotov saat memasuki kotak penalti Belarusia, menandai awal pertandingan yang bagus bagi Georgia.

Keunggulan itu mampu dipertahankan Georgia hingga turun minum, di tengah penampilan yang tampak tak bergairah dari para pemain Belarusia.

Pada menit ke-64, Belarusia memperoleh peluang bagus untuk menyamakan kedudukan ketika Maksim Skavysh merangsek dari sektor sayap dan mengirim umpan tarik, sayang tembakan sentuhan pertama Dmitri Podstrelov melambung di atas mistar gawang.

Upaya Belarusia untuk bangkit sukses diredam oleh Georgia yang memastikan skor 1-0 bertahan hingga peluit tanda bubaran.

Kemenangan itu sekaligus melanjutkan tren positif Georgia sebagai tim dengan catatan terbaik di UEFA Nations League 2018/19, lewat koleksi lima kemenangan dan satu hasil imbang.

Georgia akan menunggu pemenang semifinal lain antara Makedonia Utara kontra Kosovo yang berlangsung lebih larut.

Baik Georgia, maupun tim-tim lain yang berada di Jalur D, bakal memperoleh kesempatan melakoni debut di putaran final sebuah turnamen internasional dalam EURO tahun depan.

Baca juga: Makedonia bertekad manfaatkan kesempatan emas tampil di Euro 2020
Baca juga: Pengakuan suporter jadi motivasi Serbia di playoff EURO 2020


Susunan pemain:

Georgia (4-2-3-1): Girogi Loria; Otar Kakabadze (Jemal Tabidze), Guram Kashia, Solomon Kverkvelia, Lasha Dvali; Nika Kvekveskiri, Jaba Kankava; Khvicha Kvaratskhelia (Elguja Lobjanidze), Otar Kiterishvili (Valerian Gvilia), Valeri Qazaishvili (Kevan Shengelia); Tornike Okriashvili (Giorgi Kvilitaia)
Pelatih: Vladimir Weiss

Belarusia (4-4-2): Egor Khatkevich; Nikolay Zolotov, Aleksandr Martynovich, Nikita Naumov, Maksim Bordachev (Kirill Pechenin); Ivan Bakhar (Dmitri Podstrelov), Max Ebong, Evgeni Yablonskiy (Maksim Skavysh), Pavel Nekhaychik; Andrey Khachturyan (Ivan Maevskiy), Vitalia Lisakovich (Denis Laptev)
Pelatih: Mikhail Markhel

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2020