Kanada mulai tinjau vaksin COVID BioNTech, Pfizer

id Health Canada, mulai tinjau vaksin COVID,BioNTech

Kanada mulai tinjau vaksin COVID BioNTech, Pfizer

Seorang guru membantu murid menutup pembersih tangan saat murid tersebut tiba di Hunter's Glen Junior Public School, bagian dari Toronto District School Board (TDSB) di Scarborough, Ontario, Kanada, Selasa (15/9/2020), untuk pertama kalinya sejak kemunculan pandemi virus corona (COVID-19). REUTERS/Carlos Osorio/pras/cfo

Ottawa (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Kanada (Health Canada) akan melakukan peninjauan secara langsung pada vaksin COVID-19 eksperimental BioNTech SE Jerman dan Pfizer, menurut kedua perusahaan itu pada Jumat (9/10).

Pihak perusahaan mengatakan akan menyerahkan data keamanan dan keampuhan dari hasil uji klinis vaksin COVID-19 miliknya kepada kemenkes Kanada secara bergulir dan ketika data tersedia.

Tinjauan bergulir memungkinkan para peneliti menyerahkan temuan secara cepat, tanpa menunggu kesimpulan riset.

Menteri Kesehatan Kanada Patty Hajdu pada September mengeluarkan perintah yang memungkinkan perusahaan pengembang vaksin COVID-19 menyampaikan informasi begitu data uji klinis tersedia.

Health Kanada mengaku tidak akan memutuskan apakah akan mengotorisasi vaksin yang sedang ditinjau sampai pihaknya menerima bukti kuat untuk mendukung keamanan, keampuhan serta kualitas calon vaksin.

Regulator kesehatan Uni Eropa pada Selasa (6/10) meluncurkan tinjauan langsung pada vaksin COVID-19 eksperimental perusahaan-perusahaan tersebut guna memungkinkan percepatan dalam proses persetujuan vaksin.

Kementerian Kesehatan Kanada dalam upayanya mempercepat kemungkinan persetujuan vaksin COVID-19 juga memulai tinjauan langsung pada calon vaksin AstraZeneca dan Universitas Oxford pekan lalu.

Sumber: Reuters

Baca juga: Vaksin COVID-19 untuk Kanada akan tiba awal 2021

Baca juga: EU langsung evaluasi calon vaksin COVID-19 buatan Pfizer-BioNTech

 

Satgas COVID-19: Pemerintah belum tetapkan harga vaksin


Pewarta : Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar