Kontak erat positif COVID-19, ASN Belitung Timur diisolasi di kantor

id ASN beltim isolasi mandiri

ASN Belitung Timur isolasi mandiri dalam satu kantor, Sabtu (10/10/2020). (ANTARA/Ahmadi)

Manggar, Babel (ANTARA) - Sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diisolasi mandiri dalam satu kantor karena diduga pernah kontak erat dengan seorang kepala organisasi perangkat daerah yang dinyatakan positif COVID-19.

"Seorang kepala OPD di Pemkab Bangka Tengah berinisial H (55) berdasarkan hasil tes usap PCR dinyatakan positif corona, maka ASN yang berdinas di OPD tersebut diisolasi dalam satu kantor," kata Sekretaris Daerah Pemkab Belitung Timur Ikhwan Fahrozi di Manggar, Sabtu.

Ia menjelaskan kantor OPD yang dipimpin pasien H yang positif corona untuk sementara dinonaktifkan tanpa ada aktivitas.

"Seluruh yang bekerja di kantor tersebut wajib isolasi mandiri di kantor tersebut dan yang pernah kontak akan langsung kita 'swab' (tes usap)," ujarnya.

Baca juga: Bima Arya sebut klaster keluarga dan klaster perkantoran terkait erat

Ikhwan Fahrozi mengatakan H diketahui positif COVID-19 saat dilakukan tes usap pada 8 Oktober dan 9 Oktober 2020.

"Warga Desa Lalang, Kecamatan Manggar itu sebelumnya memeriksa kesehatan di RSUD Belitung Timur dengan keluhan demam panas dan batuk berdahak pada 7 Oktober 2020," jelasnya.

Ia menjelaskan batuk dan demam tersebut disertai lemas, serta sesak napas. Yang bersangkutan juga mempunyai riwayat perjalanan ke luar daerah.

"Sempat 'rapid test' (tes cepat) dan hasilnya reaktif, kemudian dilakukan beberapa kali tes usap PCR dan hasilnya dinyatakan positif corona," ujarnya.

Baca juga: Muncul klaster bagian hukum setda Kudus dengan enam positif COVID-19
Baca juga: Jokowi minta waspadai klaster perkantoran, keluarga dan pilkada


Pewarta : Ahmadi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar