presiden tidak menginfeksi orang lain
Washington (ANTARA) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dinyatakan negatif COVID-19 dan tidak menulari orang lain, demikian dokter Gedung Putih pada Senin, 10 hari setelah Trump mengumumkan bahwa dia terinfeksi virus.

Dalam memo yang dirilis oleh Gedung Putih hanya beberapa jam sebelum Trump melanjutkan kampanye, Dr. Sean Conley mengatakan presiden terbukti negatif selama beberapa hari berturut-turut menggunakan kartu antigen Abbott Laboratories BinaxNOW.

Conley menyebutkan hasil tes negatif serta data laboratoritum dan data klinis lainnya "mengindikasikan sedikitnya replikasi virus yang terdeteksi."

Baca juga: Merasa sehat, Trump tampil publik perdana sejak positif corona

Tim medis Trump menetapkan bahwa berdasarkan data dan panduan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS "presiden tidak menginfeksi orang lain," kata Conley.

Trump kembali ke jalur kampanye pada Senin malam di Sanford, Florida, yang pertama sejak dia mengumumkan positif COVID-19 pada 2 Oktober.

Kritikus menyalahkan Trump lantaran tidak mengajak pendukungnya di acara kampanye, dan bahkan staf Gedung Putih, untuk menggunakan masker pelindung dan patuh pada aturan jaga jarak sosial. Sedikitnya 11 pembantu Trump juga tertular virus corona.

Sumber: Reuters

Baca juga: Dianggap sesat, Twitter tandai cuitan Trump soal kebal corona
Baca juga: Trump mengaku sembuh total dari COVID-19 dan ingin lanjutkan kampanye

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020