Satu keluarga positif COVID-19 di Tapanuli Utara isolasi mandiri

id Taput, covid-19

Ilustrasi COVID-19 (ANTARA/HO)

Tarutung (ANTARA) - Satu keluarga berdomisili di Desa Setia, Kecamatan Pahae Jae, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, menjalani isolasi mandiri di kediamannya setelah terkonfirmasi positif COVID-19 dari hasil tes usap.

"Benar, satu keluarga yang terdiri atas empat orang, yakni pasangan suami istri dan seorang anak, serta seorang menantunya menjalani isolasi mandiri di kediamannya di Pahae Jae," kata Kepala Dinas Kesehatan Tapanuli Utara, Alexander Gultom di Tarutung, Selasa.

Keempat warga berinisial HB, HP, MJB dan RS memutuskan untuk menjalani isolasi mandiri setelah terkonfirmasi positif dari hasil tes usap.

Baca juga: RSUD Tarutung sudah tangani 55 pasien positif COVID-19

"Pelaksanaan isolasi mandiri di rumah bagi orang tanpa gejala, gejala ringan, dan tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid diatur dalam Kepmenkes 413/2020," jelas Alex.

Dia mengimbau masyarakat bahu-membahu dan bergotong-royong untuk melawan pandemi COVID-19.

"COVID-19 bukanlah aib, siapa saja bisa terkena, tidak ada yang kebal. Mari kita bahu membahu, bergotong royong untuk melawannya," sebutnya.

Baca juga: Tapanuli Utara diguncang gempa dangkal magnitudo 3 akibat sesar aktif

Baca juga: Seorang dokter spesialis bedah anak di Medan meninggal akibat COVID-19


Jika ada dari tetangga yang terpapar, lanjut dia, mereka harus didukung dengan materi dan moril.

"Jangan pernah mengucilkan atau merundungnya, ataupun menyematkan stigma atas mereka. Mereka butuh dukungan. Tetaplah laksanakan protokol kesehatan," imbaunya.

Terkait penerapan isolasi mandiri tersebut, Alexander juga menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan unsur musyawarah pimpinan kecamatan, baik itu unsur Polri, TNI, puskesmas dan lainnya, yang dilibatkan dalam pelaksanaan pengawasan ketat atas keempat OTG tersebut.

Baca juga: Satgas COVID-19 tegur sejumlah pusat hiburan malam

Baca juga: Kapolrestabes: Tiga pendemo di Medan reaktif COVID-19

Pewarta : Juraidi dan Rinto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar