Hadapi musim hujan, sukarelawan Tagana Sumsel harus siap siaga

id musim hujan, tagana, siaga, siapkan sukarelawan tagana antsipasi bencana musim hujan , bencana, bencana ekologis, bencana musim hujan, waspada, pemopr

Hadapi musim hujan, sukarelawan Tagana Sumsel harus siap siaga

Dokumentasi - Sejumlah petugas Taruna Siaga Bencana (TAGANA) melakukan simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (8/12/2015). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww/aa.

Palembang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya meminta 1.000 sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) binaan Dinas Sosial setempat meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan pada Oktober 2020.

"1.000 sukarelawan Tagana di Sumsel mesti melakukan berbagai persiapan dan meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi ketika hujan lebat turun dalam waktu yang cukup lama atau lebih dari satu jam," katanya di Palembang, Selasa, menanggapi cuaca ekstrem memasuki musim hujan akhir-akhir ini.

Menurut wagub, pada setiap musim hujan, wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini cukup rawan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Beberapa daerah yang cukup rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor seperti Kota Palembang, Pagaralam, Kabupaten Ogan Ilir, Musirawas, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, dan Kabupaten Empat Lawang.

Dengan peningkatan kesiapsiagaan, kata dia, diharapkan sukarelawan Tagana dapat memberikan bantuan secara cepat dan tepat kepada masyarakat jika pada suatu daerah terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor atau dampak negatif musim hujan lainnya.

Untuk memberikan bantuan secara cepat dan tepat, selain meningkatkan kesiagaan sukarelawan Tagana, pihaknya juga berupaya menyiapkan stok bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan peralatan yang biasa dibutuhkan masyarakat korban bencana.

Secara umum stok bantuan tanggap darurat sudah disiapkan di gudang Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan yang ada di Kota Palembang dan di gudang Dinas Sosial kabupaten/kota.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan jika terjadi bencana selama musim hujan tahun 2020 ini, diharapkan dapat ditanggulangi dengan cepat dan tepat sehingga tidak menimbulkan masalah sosial di daerah yang tertimpa bencana tersebut, demikian Mawardi Yahya.

Baca juga: Dinsos Sumsel rekrut sukarelawan siaga bencana

Baca juga: BPBD Sumsel imbau masyarakat terus waspadai banjir

Baca juga: Tagana Sumsel waspadai daerah rawan bencana

Pewarta : Yudi Abdullah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar