Sehingga masyarakat mengetahui jadwal masing-masing untuk mendapatkan vaksin, dan mencegah pemberian vaksin COVID-19 disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerintah memastikan perusahaan farmasi yang mendapat kepercayaan memproduksi vaksin COVID-19 menyiapkan seluruh vaksin itu guna memenuhi target yang disampaikan.

"Saya mendorong pemerintah agar memastikan perusahaan farmasi yang sudah mendapat kepercayaan untuk memproduksi vaksin COVID-19 yakni Cansino, Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca, segera mempersiapkan seluruh vaksin COVID-19 tersebut guna memenuhi target yang disampaikan pemerintah," ujar dia dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan sebelum vaksin tersebut tersedia, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan bersama tenaga kesehatan agar tetap melakukan peningkatan upaya 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment, kepada masyarakat.

Dia mendorong pemerintah, yakni Kemenkes dan Kementerian Sosial yang ditugaskan untuk menyusun peta jalan pemberian vaksin COVID-19, sebagaimana Instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo segera menyelesaikan peta jalan itu serta memastikan agar seluruh masyarakat Indonesia akan mendapatkan vaksin COVID-19, khususnya prioritas kepada masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat rentan.

Selain itu, Bamsoet mendorong pemerintah, dalam hal ini Kemenkes, untuk menyosialisasikan program pemberian vaksin COVID-19 kepada masyarakat yang akan dilakukan secara bertahap hingga 2022 serta diberikan secara gratis ataupun berbayar dengan harga yang telah ditetapkan pemerintah.

"Sehingga masyarakat mengetahui jadwal masing-masing untuk mendapatkan vaksin, dan mencegah pemberian vaksin COVID-19 disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," ujar dia.

Baca juga: Ketua MPR dorong satgas COVID-19 fokus tangani 12 provinsi
Baca juga: Pemerintah siapkan vaksin untuk tenaga medis hingga masyarakat miskin
Baca juga: Pengadaan vaksin untuk 135 juta orang pada 2021 diamankan pemerintah

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020