Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menargetkan layanan akses internet secara gratis bagi warga di tujuh kawasan wisata unggulan yang dibangun berbasiskan komunitas masyarakat.

"Akses internet gratis untuk memudahkan warga di sekitar tujuh kawasan tourism estate untuk mempromosikan destinasi wisata, produk-produk usaha, budaya dan sebagainya," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi NTT, Abraham Maulaka, ketika dihubungi di Kupang, Rabu.

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan upaya pembenahan akses internet di tujuh kawasan wisata unggulan yang dibangun Pemerintah Provinsi NTT menggunakan APBD provinsi.

Baca juga: Lima tujuan wisata bahari unggulan NTT

Ketujuh kawasan wisata itu di antaranya, Pantai Liman di Pulau Semau Kabupaten Kupang, Mulut Seribu Kabupaten Rote Ndao, Fatumnasi Kabupaten Timor Tengah Selatan, Koanara Kabupaten Ende, Wolwal Kabupaten Alor, Kampung Adat Praimadita Kabupaten Sumba Timur, dan Lamalera Kabupaten Lembata.

Abraham menjelaskan, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat berserta Wakilnya Josef Nae Soi sangat serius mendorong penyediaan layanan internet gratis untuk warga di tujuh kawasan wisata itu.

"Oleh karena itu sebagai instansi teknism kami juga sementara berkoordinasi melalui pembahasan anggaran untuk penyedian layanan intenet gratis ini, target kami 2021 sudah tersedia di sana," katanya.

Baca juga: Gubernur NTT dorong Manipo jadi wisata unggulan

"Selain itu kami juga sudah lakukan upaya antisipasi melalui kerja sama dengan provider di bawah perusahaan Telkom, termasuk dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) untuk menyediakan layanan ini," katanya lagi.

Abraham menjelaskan, ketujuh kawasan wisata itu saat ini sudah dijangkau jaringan internet namun jika warga setempa tidak memiliki biaya sendiri untuk membeli pulsa data maka tetap tidak bisa mengakses internet.

"Karena itu pemerintah perlu menyediakannya dan bapak gubernur dan wakil gubernur sangat serius untuk mewujdukan ini," katanya.

Ia menambahkan, dengan layanan internet gratis diharpakna nantinya kawasan wisata tersebut semakin menggeliat dengan arus kunjungan wisatawan yang meningkat sehingga berdampak meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020