Jembatani kebutuhan teknologi, Menperin luncurkan "Startup4Industry"

id Pandemi COVID-19,Industry 4.0

Tangkapan layar - Menteri Perindsutrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat peluncuran program yang ditayangkan secara online di Jakarta, Rabu (14/10/2020). ANTARA/Tangkapan layar Youtube startup4industry. id/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan menjembatani kebutuhan teknologi untuk industri dan masyarakat saat pandemi COVID-19, melalui program Startup4Industry yang diharapkan menumbuhkan efek berantai bagi sektor industri prioritas dalam Making Indonesia 4.0.

“Sejalan dengan upaya transformasi digital, kebutuhan akan inovasi teknologi di masyarakat dan industri akan semakin meningkat. Juga pada masa adaptasi kebiasaan baru ini yang mengharuskan adanya pembatasan sosial sehingga dapat dikatakan seluruh sendi perekonomian nasional teramat mengandalkan kemanfaatan teknologi,” ujar Menperin dalam peluncuran program yang ditayangkan secara online tersebut di Jakarta, Rabu.

Menurut Global Startup Ecosystem Report (GSER) 2020, kata Agus, Indonesia berada di peringkat kedua Top 100 Emerging Ecosystem, di mana hal itu menunjukkan bahwa ekosistem startup di Indonesia telah terbentuk, melalui peran pemerintah, swasta, serta akademik.

Indonesia menjadi salah satu negara yang dilirik investor untuk memberikan investasinya pada startup. Hal tersebut juga memperlihatkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang potensial untuk teknologi digital

Sejak 2018, di mana Making Indonesia 4.0 diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo, sebagai inisiatif untuk merevolusi industri dengan implementasi teknologi, Kementerian Perindustrian melakukan berbagai upaya untuk mendorong implementasi teknologi 4.0.

Upaya tersebut diantaranya melalui proyek percontohan implementasi industri 4.0, pelatihan industry 4.0 transformation manager, sosialisasi dan seminar tentang industri 4.0, penilaian dan pendampingan INDI 4.0 (Indonesia Industri 4.0 Readiness Index), e-smart IKM, serta tentunya program Startup4industry.

“Revolusi industri 4.0 membutuhkan peran serta startup sebagai implementator dan problem solver untuk mewujudkan Indonesia 4.0. Untuk itu, melalui ekosistem solusi teknologi yang dibentuk oleh Startup4Industry akan mendukung terwujudnya ekosistem industri 4.0,” ujar Menperin.

Baca juga: Menperin tinjau langsung progres smelter Freeport di Gresik
Baca juga: Kemenperin: Jumlah kawasan industri melonjak, siap tampung investor
Baca juga: Menperin minta pelaku industri-pekerja bersinergi jaga produktivitas


Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar