Palu (ANTARA) - Juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Provinsi Sulawesi Tengah Moh Haris Kariming menyatakan terjadi penambahan kasus 10 baru COVID-19 dan tiga sembuh di Sulteng.

"Hari ini 10 orang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap (swab). Sepuluh orang itu berada di sejumlah daerah, antara lain enam orang di Kota Palu, satu orang di Kabupaten Morowali Utara, dua orang di Tolitoli dan satu orang di Poso," katanya di Palu, Rabu malam.

Dengan bertambahnya 10 orang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini, secara kumulatif sebanyak 596 orang yang tersebar di seluruh daerah di Sulteng telah terinfeksi COVID-19 hingga saat ini.

Selain itu tiga orang pasien yang berada di Kota Palu dinyatakan sembuh setelah hasil pemeriksaan sampel usap mereka menunjukkan negatif COVID-19 sehingga secara kumulatif dari 596 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19, 409 orang dinyatakan telah sembuh.

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulteng yang sembuh bertambah jadi 379 orang

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulteng bertambah 16 orang dan enam orang sembuh


"Mereka telah diizinkan pulang dan kembali berkumpul dengan anggota keluarganya dan masyarakat, namun harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan dan penyebaran COVID-19,"ujarnya.

Adapun total pasien COVID-19 yang meninggal hingga kini berjumlah 25 orang dan 162 orang menjalani isolasi secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

"Sementara itu sebanyak 560 sampel usap masih dalam pemeriksaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Palu," katanya.

Haris berharap hasil pemeriksaan 560 sampel usap tersebut negatif COVID-19 agar tidak terjadi peledakan kasus COVID-19 di Sulteng.

Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas Dinas Kesehatan kabupaten dan kota di Sulteng yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

"Langkah tersebut sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan COVID-19 di Sulteng," katanya.*

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulawesi Tengah yang sembuh bertambah 14 orang

Baca juga: Pasien COVID-19 di Sulteng yang sembuh bertambah menjadi 355 orang


Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020