Jakarta (ANTARA) - Pada Rabu (14/10) jumlah pasien COVID-19 yang sembuh melonjak menjadi 267.851 orang dan pemerintah menyatakan bahwa penanganan pandemi di Indonesia sudah berada di jalur yang benar.

Selain itu ada warta mengenai enam lembaga penelitian dan perguruan tinggi terlibat dalam pengembangan vaksin COVID-19, rencana uji praklinik vaksin Merah Putih dan ketersediaan ruang isolasi pasien yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

267.851 pasien COVID-19 sudah sembuh

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyebutkan bahwa pada Rabu (14/10) jumlah pasien yang sembuh dari COVID-19 bertambah 4.555 menjadi total 267.851 orang.

Enam lembaga kembangkan vaksin Merah Putih

Menteri Riset dan Teknologi Bambang PS Brodjonegoro mengatakan bahwa saat ini ada enam lembaga penelitian dan perguruan tinggi di Indonesia yang mengembangkan vaksin Merah Putih dengan berbagai platform, yakni Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Airlangga.

Eijkman berharap bisa uji praklinik vaksin Merah Putih mulai November

Lembaga Biologi Molekuler Eijkman berharap bisa mulai melakukan uji praklinik pada vaksin Merah Putih pada November 2020.

"Saat ini sudah sekitar 55 persen dari skala laboratorium. Diharapkan akan segera melakukan uji praklinik atau uji pada hewan bulan depan kalau semuanya lancar sehingga nanti akhir tahun sudah selesai, dan awal tahun bisa diserahkan ke Bio Farma," kata Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Amin Soebandrio.

Ruang isolasi rumah sakit rujukan COVID-19 se-Indonesia masih memadai

Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa ketersediaan ruang isolasi di seluruh rumah sakit rujukan penanganan pasien COVID-19 di seluruh Indonesia masih memadai.

Penanganan COVID-19 di Indonesia di jalur yang benar

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengemukakan bahwa penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia selama tujuh bulan ini sudah berada di jalur yang benar.
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020