Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia dibuka menguat pada perdagangan Kamis pagi, rebound dari penurunan sehari sebelumnya saat menghentikan kenaikan tujuh hari berturut-turut, terangkat saham sektor sumber daya yang bangkit kembali dari kerugian besar beberapa hari.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 34,40 poin atau 0,56 persen menjadi diperdagangkan di 6.213,60 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 33,30 poin atau 0,52 persen menjadi diperdagangkan di 6.420,70 poin.

Saham-saham energi dan material naik tajam di awal perdagangan, memulihkan kerugian dari awal pekan, sementara sektor keuangan memberikan dukungan yang lebih moderat.

Baca juga: Wall Street berakhir turun, Indeks Dow Jones merosot 165,81 poin

Sektor teknologi merosot sekitar setengah persen tetapi masih menjadi sektor dengan kinerja terbaik dari lima sesi sebelumnya, sementara saham konsumen dan perawatan kesehatan juga turun.

Sebelum pembukaan pasar, Gubernur Reserve Bank of Australia (bank sentral Australia), Philip Lowe menyampaikan pidato yang menguraikan pemulihan Australia dari pandemi COVID-19 yang dia gambarkan sedang berlangsung, tetapi tidak pasti.

"Berkat upaya ini dan kemajuan di bidang kesehatan, pemulihan sekarang sedang berlangsung dan kami dapat berharap ini terus berlanjut," kata Lowe.

“Ini adalah kabar baik, tetapi bentuk dan sifat pemulihan itu masih sangat tidak pasti. Satu-satunya pengaruh terpenting pada pemulihan adalah seberapa sukses kami dalam menahan virus."

Baca juga: IHSG Kamis pagi dibuka melemah 3,51 poin

Di sektor finansial, bank-bank besar lebih tinggi dengan Commonwealth Bank naik 0,07 persen, Westpac Bank naik 0,16 persen dan National Australia Bank naik 0,26 persen, namun ANZ turun 0,05 persen.

Saham-saham pertambangan menguat dengan Rio Tinto naik 1,98 persen, Fortescue Metals naik 1,43 persen, penambang emas Newcrest naik 0,38 persen dan BHP naik 3,14 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas menguat dengan Oil Search naik 1,06 persen, Santos naik 1,69 persen dan Woodside Petroleum naik 0,77 persen.

Supermarket terbesar di Australia bervariasi dengan Coles turun 0,44 persen, dan Woolworths naik 0,26 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra melemah 0,35 persen, maskapai penerbanga nasional Qantas lepas landas 0,95 persen dan perusahaan biomedis CSL naik tipis 0,01 persen.

Baca juga: Dolar jatuh dan euro terendah, tertekan memudarnya harapan stimulus AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020