Stadler menyatakan akan membangun kantor pusat regionalnya untuk kawasan Asia dan Oseania di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa produsen kereta api, Stadler Rail Group asal Swiss, akan membangun kantor pusat regional Asia dan Oseania di Indonesia.

"Stadler menyatakan akan membangun kantor pusat regionalnya untuk kawasan Asia dan Oseania di Indonesia. Kita sangat apresiasi kepercayaan internasional kepada kita," ujar Menteri Erick saat konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi secara virtual dari Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) Jenewa, Swiss, Jumat malam.

Ia mengatakan Stadler Rail Group juga akan menjalin kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan PT INKA (Persero) untuk membangun pabrik kereta api.

"Alhamdulillah kita bisa mengangkat PT KAI menjadi pemain regional, kita bersepakat dengan Stadler bahwa dengan partnership grup kereta api Indonesia yang di bawahnya tentu ada PT KAI dan INKA bersama-sama kita akan membangun pabrik, dan pabriknya sendiri sudah akan selesai," katanya.

Baca juga: Erick: Inggris apresiasi Indonesia mampu tekan dampak COVID

Kunjungan Erick dan Retno ke Jenewa, Swiss merupakan kunjungan lanjutan setelah dari London, Inggris.

"Setelah kemarin di Inggris Bio Farma diakui sebagai perusahaan kelas dunia oleh CEPI. Kini di Swiss, PT KAI menjalin kerja sama dengan Stedler. Ini dalam rangka menegaskan posisi KAI sebagai pemain di level regional," katanya.

Menteri Erick juga menyampaikan, perjalanannya dengan Menlu ke Inggris dan Swiss adalah dalam rangka memastikan kerja sama dalam penanganan COVID-19, terutama dalam memastikan ketersediaan vaksin bagi rakyat.

"Alhamdulillah rangkaian perjalanan ke Inggris dan Swiss sangat baik. Penting bagi Indonesia untuk terus menjadi bagian dari dunia dalam menangani COVID-19 . Semua jadi bagian kita untuk memastikan keamanan untuk rakyat Indonesia," kata Erick.

Baca juga: Erick Thohir: RI-Inggris jajaki kerja sama 4 hal, termasuk kesehatan

Baca juga: Erick Thohir sebut Bio Farma perusahaan BUMN berkualitas dunia

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2020