Jakarta (ANTARA) - IPB University menggandeng kampus pendidikan pertanian Ukraina Polissia National University (PNU) dengan salah satu agenda kemitraan untuk pertukaran sivitas akademika.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, Rektor IPB University, Arif Satria mengatakan pihaknya sedang menjalin komunikasi agar ada kerja sama dengan PNU.

Ia mengatakan dua institusi pendidikan tersebut nantinya agar dapat melakukan pertukaran staf dan mahasiswa, pelaksanaan seminar serta penelitian internasional bersama.

Baca juga: Dosen IPB: UU Ciptaker potensi bantu ketahanan pangan masyarakat adat

Baca juga: IPB University ajak masyarakat lakukan "revolusi meja makan"

Baca juga: Dosen IPB University ajak masyarakat belanja di UMKM


Rektor PNU Oleg Skydan mengatakan Polissia National University merupakan kampus unggulan Ukraina dengan usia 100 tahun.

"PNU sangat tertarik untuk bekerja sama dengan IPB University, baik dengan basis luring maupun daring seperti kuliah online, seminar online dan sebagainya," katanya.

Wakil Rektor IPB University Dodik Ridho Nurrochmat mengatakan nota kesepahaman sedang ditelaah pihak PNU.

Ia berharap dua universitas dapat menandatangani MoU pada akhir Oktober 2020, sehingga rencana kerja sama yang lebih detail dapat direalisasikan sebelum tahun 2021.

Baca juga: IPB University terus berupaya hadirkan industri 4.0

Duta Besar Indonesia di Kiev, Ukraina Yuddy Chrisnandi mengatakan nota kesepakatan nantinya agar segera dilakukan setelah nota kesepahaman ditandatangani dua belah pihak, sehingga program kemitraan dapat segera berjalan.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020