Kendati begitu, TransJakarta selalu bekerjasama dengan dengan Polda Metro Jaya untuk memastikan keamanan penumpang
Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) kembali melakukan modifikasi rute layanan sebagai antisipasi dari aksi buruh dan mahasiswa yang menuntut Pemerintah Pusat mengeluarkan Perpu untuk UU Cipta Kerja di kawasan Istana Merdeka yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Baca juga: Demo lanjutan, polisi imbau pengendara hindari kawasan Istana Merdeka

"Pertama modifikasi layanan kita lakukan pada rute koridor 1 Blok M-Kota dengan rincian sebagai berikut, untuk layanan mengarah ke kota dari Blok M layanan akan menuju Sarinah. Lalu dari traffic light (TL) Sarinah keluar jalur menuju TL Bank Indonesia. Bus akan belok kiri ke Jalan Kebon Sirih melewati Hotel Milenium belok kiri ke Jalan Fachrudin. Masuk ke Jalan Jati Baru lalu Jalan Cideng Barat sampai di TL Tarakan diarahkan ke Halte Petojo. Dari titik itu layanan akan diarahkan ke TL Harmoni dibelokkan ke kiri Harmoni lalu lanjut ke  arah Kota," kata Direktur Operasional TransJakarta Prasetia Budi dalam keterangannya, Selasa.

Baca juga: Polda Metro bekuk tiga penggerak pelajar terlibat ricuh unjuk rasa

Sementara itu, untuk layanan koridor 1 mengarah ke Blok M memiliki rute sebagai berikut:

Kota - Harmoni- Lampu Merah Harmoni- Belok kiri - putar balik setelah Halte Juanda - Halte Petojo - ke luar jalur - Tarakan belok kiri - Jalan Cideng Timur - Jalan Jati Baru - Hotel Tugu Asri -TL Hotel Milenium - Jalan Kebon Sirih- TL Bank Indonesia belok kanan - Halte Sarinah - Blok M.

Ada dua halte yang tidak dilewati bus pada koridor 1 yaitu Halte Monas dan Halte Bank Indonesia.

Selanjutnya layanan lainnya yang mengalami modifikasi adalah rute non-BRT 1A PIK-Balai Kota.

Baca juga: Polisi identifikasi penggerak pelajar dalam ricuh unjuk rasa

Khusus hari ini layanan mengalami perpendekan rute dari PIK hanya sampai ke Kota. Ada pun halte-halte non-BRT yang tak dilewati layanan adalah Bus Stop Glodok, Bus Stop Olimo, Bus Stop Mangga Besar, Bus Stop Sawah Besat, Bus Stop Harmoni, Bus Stop Monas, dan Bus Stop Balai Kota.

Terakhir untuk rute koridor 6 dengan rute 6A Ragunan - Monas via Kuningan dan 6B Ragunan- Monas via Semanggi, layanan bus dimodifikasi hanya melayani hingga Halte Tosari.

Untuk rute 6A dan 6B ada 4 halte yang tidak melayani yaitu halte Bundaran HI, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia, dan Halte Monas.

"Selain rute-rute di atas, operasional kami masih berjalan normal. Kendati begitu, TransJakarta akan bekerjasama dengan dengan Polda Metro Jaya untuk memastikan keamanan baik pelanggan, petugas di lapangan, dan keberlangsungan operasional Transjakarta hari ini," ujar Prasetia.

TransJakarta juga mengimbau bagi para pelanggan yang akan melakukan aktivitas untuk selalu berhati-hati di jalan, tetap waspada dan selalu mengutamakan keselamatan diri dan keluarga.

Selain itu diharapkan para pelanggan TransJakarta tetap dengan patuh menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020