Jakarta (ANTARA) - Dalam rangka pencapaian target bisnis, Perta Arun Gas melakukan penandatangan Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan PT Natuna Eton Energy. tentang Penjajakan Potensi Kerja sama pembangunan Fasilitas LNG Storage di Kilang LNG Arun.

MoU ini ditandatangani oleh President Director PAG, Arif Widodo dan President Director Natuna Eton Energy, Tieso Ozeki, berdasarkan informasi tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Dalam sambutannya, Arif Widodo menjelaskan bahwa penandatangan MoU ini merupakan simbol terjalinnya kerja sama antara PAG dan Natuna Eton Energy dalam rangka melakukan kajian bersama pembangunan fasilitas LNG storage guna mendukung peluang bisnis LNG Hub dan Pemenuhan pasar LNG Wilayah Cina dan Asia Tenggara.

Baca juga: Perta Arun Gas gandeng Natuna Eton bangun tangki penyimpanan LNG

"Hal ini tentu merupakan potensi besar dalam pengembangan bisnis PAG dan juga sesuai dengan visi PAG, yaitu Menjadi Perusahaan Regasifikasi dan LNG Hub Kelas Dunia. Kami berharap ditahap awal pelaksanaan Kajian meliputi aspek teknis dan komersial dapat terselesaikan dalam jangka waktu selama 6 bulan ke depan,” ujar Arif.

Kerja sama ini dilakukan sesuai dengan program business plan yang ditetapkan oleh PAG. nantinya Natuna Eton Energy ini akan melakukan kajian dan menyiapkan data potensi pasar termasuk komitmen dengan potensial LNG Offtaker (buyer). hal ini juga merupakan langkah awal untuk menuju ke tahapan proyek dan proses konstruksi yang akan dilakukan oleh Natuna Eton Energy.

Sementara itu, Wakil Presiden Direktur Natuna Eton Energy Alfiansyah Syahbirin Syafe'i optimistis kajian ini dapat terselesaikan sesuai tatawaktu.

Baca juga: Perta Arun jajaki potensi bisnis gas di Kuwait

"Dalam kerjasama ini, Natuna Eton Energy juga bertugas untuk mencari calon buyer. Natuna juga telah memperoleh komitmen awal dengan sejumlah pembeli dari China, Myanmar dan Thailand." Ujar Alfiansyah.

Sementara itu, Pjs. VP Corporate Strategic Planning dan Business Development PAG, Surkani Manan menjelaskan bahwa setelah ada kajiannya, rencana pembangunan dua tanki penyimpanan LNG ini sebagai langkah ekspansi PAG dalam pengembangan bisnis LNG Hub dengan fasilitas sebagai Pusat Logistic Berikat dan sebagai upaya dalam peningkatan utilisasi sejumlah asset ex kilang LNG Arun.

"Terkait dengan rencana ekspansi pembangunan dua Tangki penampungan LNG, Perta Arun Gas memproyeksikan proyek dapat kelar dalam 2,5 tahun kedepan pasca kajian yang dijadwalkan selama 6 bulan sejak Oktober ini,” jelas Surkani.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020