Masa libur panjang itu akhir pekan nanti, KAI Daop 8 Surabaya siap melayani pelanggan dengan mengoperasikan 23 perjalanan KA jarak jauh/menengah, ditambah 46 KA lokal
Surabaya (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya akan mengoperasikan sebanyak 23 kereta api (KA) jarak menengah/jauh pada libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akhir Oktober 2020 untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pelanggan di masa libur panjang tersebut.

Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya Suprapto di Surabaya, Jawa Timur, Jumat, mengatakan jumlah operasional 23 KA pada libur panjang itu lebih banyak dibanding hari biasa yang hanya sekitar 18-20 KA yang dioperasikan.

"Masa libur panjang itu akhir pekan nanti, KAI Daop 8 Surabaya siap melayani pelanggan dengan mengoperasikan 23 perjalanan KA jarak jauh/menengah, ditambah 46 KA lokal," kata Suprapto.

Baca juga: Menhub imbau masyarakat tidak berangkat saat puncak libur panjang

Dengan begitu, kata dia, akan semakin banyak pelanggan yang dapat menikmati perjalanan kereta api yang aman, nyaman, selamat, dan sehat.

Ia menjelaskan operasional KA jarak menengah/jauh tersebut akan berangkat dari 3 stasiun pemberangkatan awal yaitu 7 KA dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, 11 KA dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 5 KA dari Stasiun Malang.

Tujuan dari 23 KA jarak menengah/jauh tersebut di antaranya ke arah Jakarta melalui jalur Utara (lewat Cirebon) sebanyak 11 KA, ke arah Jakarta melalui jalur Selatan (lewat Bandung) sebanyak 3 KA, tujuan akhir ke Bandung sebanyak 2 KA, ke tujuan Jember/ Banyuwangi sebanyak 4 KA dan masing-masing 1 KA ke tujuan akhir menuju ke arah Semarang, Lempuyangan (Jogyakarta) serta Cilacap.

Baca juga: KAI wajibkan penumpang bermasker selama perjalanan cegah COVID-19

Suprapto menyebutkan 23 KA yang dioperasikan itu di antaranya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi - Gambir/pp, kemudian KA Harina relasi Surabaya Pasar Turi - Cirebon - Bandung/pp, KA Jayakarta relasi Surabaya Gubeng - Jakarta Kota /pp, KA Kertajaya relasi Surabaya Pasarturi - Pasar Senen pp, KA Argo Wilis relasi Surabaya Gubeng - Bandung - Gambir/pp, KA Gajayana relasi Malang - Gambir/pp, serta KA Tawang Alun relasi Malang Kota Lama - Ketapang/pp dan berbagai KA lainnya.

Untuk tiketnya, Suprapto mengaku sudah dapat dipesan mulai H-14 di aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.

Baca juga: Antisipasi macet, KAI lakukan pola operasi khusus kereta jarak jauh

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020