Unasman Sulbar digandeng BP2MI untuk penelitian pekerja migran

id Pekerja migran,Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman),BP2MI,riset,pekerja migran,Sulawesi Barat

Unasman Sulbar digandeng BP2MI untuk penelitian pekerja migran

Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Benny Rhamdani (kanan) dan Rektor Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Dr Hj Chuduriah Sahabuddin di Polman, Sabtu (24/10/2020) saling memberikan cendera mata. BP2MI melibatkan Unasman Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan riset mengenai Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sulbar. (FOTO ANTARA/M Faisal Hanapi).

Mamuju (ANTARA) - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melibatkan Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) untuk melakukan riset tentang Pekerja Migran Indonesia (PMI) di wilayah tersebut.

"Kepala BP2MI Benny Rhamdani, akan mengajak beberapa kampus untuk terlibat dalam kerja sama riset terkait PMI dan salah satu kampus yang dilibatkan adalah Unasman Sulbar," kata Rektor Unasman Dr Hj Chuduriah Sahabuddin di Polewali Mandar (Polman), Sabtu.

Ia mengatakan Unasman Sulbar siap mendukung riset tersebut dan siap berkolaborasi untuk menjadi sentra informasi bagi BP2MI

"Unasman memberikan sosialisasi bagi PMI seperti apa bekerja di luar negeri, selain itu menjadi mitra BP2MI memberikan pelatihan dan pengembangan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Arab dan Jepang demi menciptakan tenaga kerja yang terampil," katanya.

Menurut dia Unasman juga bersiap membantu pengelolaan dan penempatan serta perlindungan memberikan penguatan pelaksanaan tata kelola penempatan dan perlindungan PMI.

"Unasman juga siap bekerja sama sekaligus mencegah banyaknya pengiriman PMI secara nonprosedural dengan kualitas kompetensi yang rendah di negara tujuan," katanya.

Ia berharap agar PMI dapat perlindungan dan tidak menimbulkan kasus PMI di negara-negara tujuan, melalui penguatan pelaksanaan tata kelola penempatan dan pelindungan PMI ini.

"Kami berterima kasih kepada BP2MI yang mempercayakan pengelolaan penempatan dan perlindungan PMI kepada Unasman Sulbar," demikian Chuduriah Sahabuddin.

Baca juga: BP2MI: Jumlah keberangkatan PMI selama COVID turun 98 persen

Baca juga: Pemprov Sulbar siapkan langkah antisipasi kepulangan PMI dari Malaysia

Baca juga: Menaker dan BP2MI bahas implementasi UU Perlindungan PMI

Baca juga: Komnas HAM Desak Penyelesaian Kasus HAM Polman

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar