Sepekan, gempa Mukomuko hingga robot bawah air karya mahasiswa

id Gempa Mukomuko,Robot Bawah Air,Tanaman Kratom,Tradisi Ngerebeg Bali,Jantra Tradisi Bali,Gempa Bengkulu,Maman Abdurrahman,Komisi VII DPR,Protokol Keseh

Sepekan, gempa Mukomuko hingga robot bawah air karya mahasiswa

Ilustrasi - Robot bawah air. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews.com selama sepekan mulai dari gempa magnitudo 5,3 yang kembali mengguncang Mukomuko, Bengkulu hingga robot bawah air karya mahasiswa Politeknik Caltex Riau.

1. Gempa Magnitudo 5,3 guncang Mukomuko Bengkulu

Wilayah barat daya Mukomuko, Bengkulu, kembali diguncang gempa dengan Magnitudo 5,3 pada Minggu dini hari (18/10) sekitar pukul 00.55 WIB.

Gempa tersebut menjadi yang kedua kalinya setelah pada Sabtu pagi (17/10) wilayah Mukomuko diguncang gempa dengan Magnitudo 5,4. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan kedua gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

2. Anggota DPR bolehkan petani Kapuas Hulu tanam kratom

Anggota Komisi VII DPR Maman Abdurrahman menyatakan petani di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat boleh membudidayakan tanaman kratom karena hingga saat ini tidak aturan yang melarang tanaman yang daunnya digunakan sebagai stimulan dan obat penenang itu.

"Saya tegaskan untuk tanaman kratom silahkan dilanjutkan, masyarakat jangan pernah takut, karena memang sampai saat ini tidak ada aturan yang melarang terkait Kratom itu sendiri, baik itu di tanam, produksi, dikonsumsi hingga sebagai usaha masyarakat, jadi lanjutkan saja jangan takut," kata Maman Abdurrahman saat meninjau pabrik dan gudang daun kratom di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Minggu (18/10).

3. Foto tradisi Ngerebeg di Bali dengan protokol kesehatan

Sejumlah warga yang tubuhnya dihias warna-warni dan menggunakan masker saat berkeliling kampung dalam tradisi Ngerebeg di Desa Tegallalang, Gianyar, Bali, Kamis (22/10/2020).

Tradisi yang merupakan ritual tolak bala tersebut biasanya diikuti ratusan warga, tetapi tahun ini digelar dengan jumlah terbatas sekitar 36 orang dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

4. "Jantra Tradisi Bali 2020" sajikan seni virtual hingga berbagai lomba

Dinas Kebudayaan Provinsi Bali menggelar "Jantra Tradisi Bali" atau Pekan Kebudayaan pada 22 Oktober 2020 hingga 25 Oktober 2020 dengan menampilkan berbagai pementasan seni secara virtual dan berbagai lomba tradisional.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyukseskan visi Pemerintah Provinsi Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali, sekaligus pelaksanaan Pekan Kebudayaan Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Prof I Wayan "Kun" Adnyana, di Denpasar, Senin (18/10).

5. Video robot bawah air karya mahasiswa Riau

Seorang mahasiswa Politeknik Caltex Riau (PCR) berhasil menciptakan sebuah robot bawah air yang bernama ROV (Remotely Operated Vehicle).

Robot tersebut mampu bekerja di bawah permukaan air yang sulit dijangkau manusia, dengan kemampuan sebagai penjelajah, inspeksi, dan eksplorasi bawah air secara langsung, di waktu sebenarnya. 

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar