Saya tahu semua orang akan kecewa kita tidak melakukan langkah itu hari ini. Saya juga
Sydney (ANTARA) - Negara bagian Victoria, yang menjadi episentrum penyebaran COVID-19 Australia, menunda pengumuman yang dijadwalkan terkait pelonggaran karantina wilayah (lockdown) pada Minggu karena penyebaran di Melbourne, sehingga mendorong peringatan bahwa penduduk berada pada "titik puncak stress keuangan dan mental".

Karantina tersebut telah membatasi sebagian besar bisnis ritel di ibu kota negara bagian tersebut untuk menyediakan layanan hanya secara daring sejak awal Agustus, dan 5 juta orang yang tinggal di bawah peraturan untuk tetap di rumah memperkirakan pengumuman pada hari Minggu.

Pimpinan negara bagian Victoria Daniel Andrews mengatakan pada konferensi pers bahwa wabah di pinggiran utara Melbourne mengancam akan mendorong tanggal pembukaan kembali bisnis ritel dan perhotelan mendekati 1 November.

Andrews mengatakan dia memutuskan untuk menunggu sampai hasil tes menunjukkan apakah semua infeksi dalam wabah terbaru itu terkait.

"Kami akan mendapatkan (hasil tes) hari ini dan besok dan mudah-mudahan kami dapat membuat, tidak hanya pengumuman tetapi juga mengambil langkah besar dengan aman sekitar pertengahan pekan ini," kata Andrews.

"Saya tahu semua orang akan kecewa kita tidak melakukan langkah itu hari ini. Saya juga."

Pemerintah federal dan para pemimpin industri telah meningkatkan tekanan pada Andrews untuk membuka kembali kota dan negara bagian itu sepenuhnya.

"Kami tidak bisa terus seperti ini," kata kepala eksekutif Dewan Bisnis Australia Jennifer Westacott dalam sebuah pernyataan. "Orang Victoria tidak bisa bertahan dari pekan ke pekan. Orang-orang berada pada titik puncak tekanan finansial dan mental."

Menteri Kesehatan Greg Hunt mengatakan Victoria siap untuk melonggarkan pembatasan, menggambarkan setiap penundaan sebagai "sangat memprihatinkan" karena gangguan kesehatan mental yang disebabkan oleh lockdown.

"Pada keseimbangan antara bukti dan risiko, Victoria berada di tempat yang cukup kuat untuk meniru apa yang telah terjadi di New South Wales (NSW)," kata Hunt kepada wartawan, merujuk pada negara bagian terbesar di negara itu, yang telah membuka kembali ekonominya.

Pada hari Minggu, NSW akan menjadi tuan rumah pertemuan publik terbesar sejak pandemi dimulai, pertandingan rugby dengan 40.000 peserta.

NSW dan Victoria masing-masing mencatat tujuh kasus COVID-19 baru dalam 24 jam terakhir. Enam dari kasus baru di Victoria terkait dengan penyebaran di pinggiran kota bagian utara di Melbourne, yang melibatkan 39 orang yang terinfeksi di 11 rumah tangga.

Rata-rata pergerakan 14 hari untuk kasus baru di Victoria turun menjadi 4,6, di bawah ambang batas lima Andrews yang sebelumnya ditetapkan untuk pencabutan pembatasan berikutnya.

Australia telah mencatat hampir 27.500 infeksi dan lebih dari 900 kematian, sebagian kecil dari yang terjadi di beberapa negara lain. Victoria menyumbang lebih dari 90% kematian akibat virus tersebut.

Sumber: Reuters

Baca juga: Australia tunda longgarkan pembatasan akibat lonjakan kasus COVID-19

Baca juga: Riset: Virus corona baru dapat bertahan di uang kertas sampai 28 hari

Penerjemah: Aria Cindyara
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2020