Setelah dua kali tes PCR, hari ini saya positif COVID-19
Sofia (ANTARA) - Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borissov pada Minggu mengaku bahwa dia positif terinfeksi COVID-19 dan saat ini akan melakukan pengobatan di rumah, seperti yang disarankan oleh dokternya.

Borissov, yang bertemu Keith Krach, Wakil Menteri Luar Negeri untuk urusan Ekonomi AS pada Jumat, telah memberitahu Kedutaan Besar AS di Sofia mengenai kondisi tersebut, menurut kepala inspektorat kesehatan Sofia.

Kantor pers pemerintah menyebutkan Borissov masih dapat menjalankan tugasnya dan terus berkontak dengan para menterinya.

Borissov beserta tiga menteri kabinet lainnya menjalani isolasi mandiri pada Jumat sore usai melakukan kontak dengan wakil menteri, yang terbukti positif COVID-19.

Baca juga: Presiden Bulgaria Rumen Radev harus jalani isolasi mandiri
Baca juga: Kasus COVID-19 di Bulgaria capai rekor tertinggi harian baru


Otoritas kesehatan lantas mengakhiri karantina Borissov pada Sabtu setelah dua hasil tes COVID-19 menunjukkan negatif. Namun, pada Minggu ia dinyatakan positif.

"Meski karantina saya sudah berakhir, sejak Jumat saya telah menunda semua pertemuan dan jadwal kegiatan publik beberapa hari ke depan," kata pria berusia 61 tahun itu di akun Facebook miliknya.

"Setelah dua kali tes PCR, hari ini saya positif COVID-19," katanya. "Saya merasa tidak enak badan. Untuk saat ini, dengan arahan dokter, saya tetap menjalani pengobatan di rumah."

Sementara itu, Menteri Kesehatan Kostadin Angelov mengatakan sedang mengisolasi diri lantaran telah bertemu dengan Borissov pada Jumat.

Bulgaria, seperti kebanyakan negara Uni Eropa lainnya, sedang menghadapi lonjakan tajam infeksi baru selama tiga pekan terakhir. Tercatat 1.043 infeksi baru pada Minggu di negara berpenduduk 7 juta jiwa tersebut, sehingga totalnya menjadi 37.562 infeksi, termasuk 1.084 kematian.

Sumber: Reuters

Baca juga: PM Bulgaria dan tiga menteri jalani isolasi COVID-19
Baca juga: Presiden Bulgaria terbukti negatif COVID-19 untuk kedua kalinya

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2020