PSSI diskusikan ulang program timnas U-19 setelah Toulon batal

id timnas u19,shin taeyong ,pssi,piala asia u19,piala dunia u20

PSSI diskusikan ulang program timnas U-19 setelah Toulon batal

Pesepak bola Timnas U-19 mengikuti latihan di Stadion Madya, Kompleks GBK, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Timnas U-19 rencananya akan mengikuti pemusatan latihan di Kroasia pada akhir Agustus 2020 untuk persiapan AFC U-19 Championship di Uzbekistan. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww. (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Jakarta (ANTARA) - PSSI mendiskusikan ulang program pemusatan latihan (TC) lanjutan tim nasional U-19 dengan pelatih Shin Tae-yong setelah Turnamen Toulon di Prancis, yang rencananya akan diikuti Brylian Aldama dan rekan, batal digelar.

"Untuk program TC selanjutnya kami akan berdiskusi dengan pelatih Shin Tae-yong serta Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, apalagi setelah timnas U-19 tidak jadi mengikuti Turnamen Toulon, Prancis karena batal digelar," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari laman resmi PSSI di Jakarta, Senin.

Timnas U-19 sebelumnya direncanakan menjalani TC di Prancis pada 8 Desember 2020-22 Januari 2021.

Salah satu alasan TC di Prancis karena timnas U-19 dijadwalkan mengikuti Turnamen Toulon di sana, sebagai salah satu persiapan menuju Piala Asia U-19 dan Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Mochamad Iriawan sendiri menegaskan bahwa PSSI akan mendukung penuh semua rencana pelatih Shin Tae-yong untuk timnas U-19.

Baca juga: Shin Tae-yong belum puas dengan performa timnas U-19

PSSI menilai juru taktik asal Korea Selatan itu cukup berhasil meningkatkan performa timnas U-19 selama mereka menunaikan TC di Kroasia mulai akhir Agustus sampai Oktober 2020.

Penampilan para pemain pun dianggap memuaskan. Dari 11 laga uji coba yang mereka jalani di Kroasia, timnas U-19 berhasil mencatatkan lima kemenangan, tiga hasil seri dan tiga kekalahan.

Timnas U-19 bahkan tidak pernah takluk dari lawan-lawannya sepanjang bulan Oktober 2020. Total, dari 11 laga uji coba, mereka membuat 19 gol dan kebobolan 17 gol.

"Alhamdulillah perkembangan pemain semakin baik. Bisa dilihat dari performa mereka yang meningkat pada setiap laga uji coba. Seluruh pemain juga berlatih dan bermain dengan kerja keras, semangat dan berjuang secara maksimal. Mereka harus menjaga terus performa, konsistensi dan jangan cepat puas," tutur Iriawan.

Timnas U-19 akan mendarat di Tanah Air dari Kroasia pada Selasa (27/10) malam. Setelah itu, seluruh pemain mendapat libur dan kembali ke daerah masing-masing selama beberapa hari.

Baca juga: Lima gol tercipta dalam laga internal timnas U-19 di Kroasia
Baca juga: Timnas U-19 TC di Prancis Desember 2020-Januari 2021
Baca juga: Shin Tae-yong: Sulit susun program latihan timnas U-19 tanpa liga

Pewarta : Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar