Pegadaian gandeng Shopee perluas akses masyarakat investasi emas

id pegadaian,tabungan emas,investasi emas,beli emas,jual emas,harga emas

Pegadaian gandeng Shopee perluas akses masyarakat investasi emas

PT Pegadaian (Persero) bekerja sama dengan Shopee dengan meluncurkan Tabungan Emas Pegadaian di aplikasi belanja tersebut, (ANTARA/HO-Pegadaian)

Jakarta (ANTARA) - PT Pegadaian (Persero) berkolaborasi dengan Shopee, salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, dengan meluncurkan Tabungan Emas Pegadaian di aplikasi belanja itu, untuk memperluas dan mempermudah akses masyarakat dalam berinvestasi emas.

Direktur Teknologi Informasi & Digital PT Pegadaian (Persero) Teguh Wahyono mengatakan channeling tabungan emas Pegadaian dengan Shopee adalah langkah kolaborasi strategis antara perusahaan rintisan teknologi tingkat global dengan produk BUMN unggulan. Kerja sama ini diharapkan semakin memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan produk dan layanan Pegadaian secara daring.

"Kini seluruh masyarakat bisa menabung emas dengan mudah dan cepat, hanya menggunakan aplikasi Shopee," kata Teguh dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa.

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan beli dan titip emas yang memudahkan investasi emas secara aman, mudah, murah, dan terpercaya. Dengan kerja sama kedua pihak, layanan beli dan titip emas kini dapat diakses secara konvensional maupun digital dengan aplikasi belanja online Shopee.

Dengan investasi mulai dari Rp500, nasabah bisa membeli emas mulai dari Rp5.000; melakukan transfer emas ke sesama pengguna Shopee minimal 0,01 gram dan maksimal 100 gram; wajib memiliki saldo yang tidak bisa ditarik (mengendap) minimal 0,05 gram dan mendapat buku setelah nasabah ke cabang Pegadaian yang didaftarkan.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo mengatakan bahwa transaksi jual-beli emas melalui aplikasi Shopee dapat dilakukan dengan nilai yang sangat terjangkau. Hal tersebut dilakukan guna membuat kebiasaan dalam masyarakat untuk memiliki perilaku yang gemar menabung.

"Pertimbangannya adalah agar seluruh lapisan masyarakat dapat berinvestasi emas dengan mudah dan nyaman. Selain itu, tidak ada lagi alasan bagi masyarakat untuk tidak bisa menabung," kata Harianto

Nasabah baru yang hendak membuka Tabungan Emas di Shopee pun diberi kemudahan, dengan mengunjungi halaman Tabungan Emas pada aplikasi Shopee, lalu tentukan jumlah emas yang akan dibeli dalam bentuk satuan gram atau rupiah.

Pengguna aplikasi wajib melengkapi data agar verifikasi KTP dapat dilakukan. Pada tahap akhir, nasabah diminta untuk melakukan proses pembayaran. Jika proses pembayaran sukses, secara otomatis emas yang dibeli akan tercatat di fitur Tabungan Emas pada akun pengguna Shopee.

Selanjutnya, nasabah diberi waktu enam bulan terhitung dari tanggal pembukaan rekening Tabungan Emas untuk melakukan registrasi ke Cabang Pegadaian. Pada tahun pertama, nasabah dibebaskan dari biaya penyimpanan, selanjutnya Pegadaian akan mengenakan biaya sebesar Rp30.000 per tahun.

Direktur Shopee Indonesia Christin Djuarto mengatakan kerja sama ini sebagai bentuk komitmen Shopee untuk terus berinovasi dalam menghadirkan kebutuhan pengguna yang selaras dengan perkembangan zaman.

Selain itu kolaborasi ini diharapkan dapat membantu menjadi perpanjangan tangan dari Pegadaian dalam menghadirkan akses mudah bagi masyarakat untuk membangun budaya menabung dan berinvestasi, khususnya dalam bentuk tabungan emas.

"Shopee berharap kolaborasi ini dapat menghadirkan solusi praktis dalam bertransaksi dengan aman dan terpercaya, serta mendukung perluasan jangkauan produk dan layanan produk investasi melalui platform e-commerce untuk seluruh lapisan masyarakat," kata Christin.

Sebelumnya, Pegadaian juga telah menggandeng Tokopedia sebagai channeling dalam memasarkan emas secara digital melalui tabungan emas. Kerja sama tersebut dilakukan untuk terus meningkatkan inklusi keuangan di masyarakat.

Baca juga: Ajak masyarakat tabung emas, Pegadaian beri diskon hingga 20 persen
Baca juga: Pegadaian kembangkan gadai saham, pinjaman bisa sampai Rp20 miliar

Pewarta : Mentari Dwi Gayati
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar