Megawati instruksikan pembangunan kantor partai di daerah

id PDIP, Megawati Soekarnoputri, pembangunan kantor, rumah rakyat

Tangkapan layar Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri saat meresmikan 13 kantor PDIP, patung Bung Karno dan sekolah partai secara virtual, di Jakarta, Rabu (28/10/2020). (ANTARA/Syaiful Hakim)

Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginstruksikan agar pembangunan kantor partai sebagai rumah rakyat harus terus dilakukan di berbagai daerah karena parpol bukan hanya hadir di masyarakat dalam wujud individu anggota, namun juga fisik kantornya.
 
Megawati menyampaikan hal itu saat peresmian 13 kantor, 1 patung Soekarno, dan 1 sekolah partai, yang dilakukan secara virtual bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Jakarta, Rabu.

"Sejak kongres keempat partai, kita sudah memutuskan bahwa sudah mulai saatnya membangun dari PDI ke PDI Perjuangan dengan segala daya kerja, susah payah, duka dan suka, maka mulai harus dibuat sebuah keputusan untuk membangun partai ini juga secara fisik, bukan hanya orang-orangnya saja tetapi yang namanya kantor partai," katanya.
 
Menurut dia, kantor partai bukan hanya untuk kegiatan partai, tetapi juga menjadi bagian dari rumah rakyat.
Megawati lalu menceritakan kesedihannya saat mengingat Partai Nasionalis Indonesia (PNI), embrio PDIP yang didirikan Proklamator RI Bung Karno. Ketika dirinya menggali keberadaan kantor PNI di masa aktifnya, para orang tua senior anggota partai itu mengaku kantor partainya sudah tak ada.
 
"Saya melihat, kalau tidak diatur, maka akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Yang namanya aset partai PNI itu saya merasa sangat prihatin. Karena kalau menurut saya, PNI pada waktu itu merupakan sebuah partai yang karena dicintai rakyat, maka juga termasuk partai yang besar. Tetapi setelah itu ketika saya banyak menanyakan kepada para senior dan lain sebagainya, aset partai itu tidak jelas," jelas Megawati.
 
Megawati ingin agar PDIP lebih baik lagi dengan memiliki aset kantor partai yang tersebar di seluruh Indonesia dan resmi terdaftar sebagai aset partai.
 
"Jadi saya minta bagi mereka yang belum bisa membangun kantor partai, segera usahakan. Saya tidak minta tidak ada target, tapi harus dilakukan. Yang belum punya kantor, ayo bergerak, celengin uang, cari tanah, pasti bisa," kata Megawati.
 
13 Kantor PDIP yang diresmikan ialah Kantor PDI Perjuangan DPD Yogyakarta, Kantor DPD Sulawesi Tenggara, Kantor DPC Kabupaten Ogan Ilir, Kantor DPC Kabupaten Blitar, Kantor DPC Kabupaten Belitung dan Kantor DPC Kabupaten Bangka.
 
Kantor DPC Kabupaten Bangka Tengah, Kantor DPC Kabupaten Belitung Timur, Kantor DPC Kota Kediri, Kantor DPC Kabupaten Gowa, Kantor DPC Kabupaten Jeneponto, Kantor DPC Kabupaten Toraja Utara dan Kantor DPC Kabupaten Luwu Utara.
 
Selain itu, Megawati juga meresmikan Patung Soekarno di Yogyakarta dan Wisma Sekolah Partai di Batu, Jawa Timur.
 
Di acara peresmian itu, hadir petinggi partai diantaranya Sekjen Hasto Kristiyanto, Wasekjen Sadarestuwati dan Utut Adianto, serta Ketua DPP Wiryanti Sukamdani, Rudianto Tjen, Sri Rahayu, I Made Urip, Ahmad Basarah, Hamka Haq, dan Djarot Saiful Hidayat.

Pewarta : Syaiful Hakim
Editor: M Arief Iskandar
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar