Warga Aceh sembuh COVID-19 bertambah 34 orang

id Aceh,Berita Covid-19,Pemprov Aceh,Banda Aceh,Corona,Virus Corona,Berita Aceh,Pemko Banda Aceh,Sabang,GTPP Aceh,Satgas COVID-19 Aceh

Warga Aceh sembuh COVID-19 bertambah 34 orang

Dokumen - Petugas medis memeriksa kondisi pasien di ruang isolasi dalam Simulasi Penanganan Pasien Corona di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020) ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Banda Aceh (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Provinsi Aceh melaporkan penambahan 34 warga infeksi virus corona yang sembuh pada Kamis, sehingga akumulatifnya telah mencapai 5.515 orang sejak terdeteksi kasus perdana Maret 2020.

"Alhamdulillah, penderita COVID-19 di Aceh yang sembuh bertambah lagi sebanyak 34 orang, dan nihil korban yang meninggal dunia," kata Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Kamis.

Baca juga: 10.546 pasien COVID-19 di Sumut berhasil sembuh

Ia menjelaskan, pasien dilaporkan sembuh itu meliputi 13 orang warga Kabupaten Aceh Singkil, sembilan orang warga Kabupaten Aceh Timur, lima orang asal Kabupaten Aceh Tamiang, tiga orang Kabupaten Aceh Jaya, dua orang Kabupaten Bireuen, serta masing-masing satu orang warga Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Aceh Tengah.

Sedangkan konfirmasi kasus baru per hari ini juga bertambah 34 orang yakni enam orang warga Kota Lhokseumawe, Banda Aceh dan Kabupaten Pidie sama-sama lima orang, empat orang warga Kabupaten Aceh Besar dan Kabupaten Aceh Tamiang, dan tiga orang warga Kabupaten Aceh Jaya.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 bertambah 3.985 jadi 329.778 orang

"Selanjutnya masing-masing dua orang warga Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Aceh Tenggara, serta tiga sisanya tersebar di Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Bireuen, dan warga luar daerah Aceh," ujarnya.

Ia menyebutkan, setiap orang sangat penting mengetahui level risiko penularan virus corona di tempat tinggalnya maupun tingkat risiko setiap daerah yang mungkin akan dikunjunginya, agar dapat menyikapi dengan tepat.

Baca juga: Tingkat pemakaian tempat tidur pasien di RSD Wisma Atlet turun

"Aceh saat ini merupakan zona merah dan oranye, bukan lagi zona hijau dan kuning," katanya.

Zona merah di Tanah Rencong meliputi Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireuen, dan Kabupaten Aceh Utara. Sedangkan 20 kabupaten/kota lainnya merupakan zona oranye yang memiliki risiko sedang. Maka warga diminta disiplin menerapkan protokol kesehatan guna memperkecil resiko tertular dan menularkan.

Strategi 3M yakni menjaga jarak dan tidak berkerumun, memakai masker, dan mencuci tangan sesering, perilaku aman yang wajib dilaksanakan, katanya.

"Mengingat kita berada di zona oranye dan merah saat ini ada baiknya memanfaatkan waktu libur dan cuti bersama dengan cara tetap di rumah saja dan berkumpul bersama keluarga," ujarnya lagi.

Secara akumulatif, kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 7.373 orang, diantaranya 5.515 orang telah sembuh, 268 orang meninggal dunia, dan 1.590 orang masih dirawat di rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri.

Pewarta : Khalis Surry
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar