Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Jazilul Fawaid mendukung Gresik Online Shop (GOLS), aplikasi buatan arek atau pemuda Gresik, Jawa Timur, bisa mendunia sebagaimana aplikasi serupa.

"Hadirnya GOLS menambah predikat Gresik," kata Gus Jazil, sapaan akrab Jazilul, dalam pernyataannya, di Jakarta, Kamis.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menghadiri langsung peluncuran GOLS yang dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda, di Gress Mall, Gresik, Jawa Timur, 28 Oktober 2020.

Kebanggaan Gus Jazil kepada Kabupaten Gresik semakin bertambah, sebagai kabupaten tempat dirinya lahir dan dibesarkan, dari waktu ke waktu semakin maju, inovatif, kreatif, dan mampu mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga: Pimpinan MPR minta pemerintah prioritaskan sektor pendidikan

GOLS merupakan aplikasi untuk melakukan jual, beli, transportasi, layanan bengkel, perijinan berbagai bidang khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) secara "online".

Keuntungan yang didapat tidak hanya dirasakan pengguna jasa, karena mereka, terutama pedagang kaki lima dan pelaku UMKM yang tergabung dalam GOLS mendapat diskon atau potongan sampai 7 persen dalam setiap transaksi.

Begitu juga pengemudi, dapat potongan bila mereka bergabung dalam GOLS dari keuntungan yang didapat apabila tergabung dalam GOLS sehingga membuat lebih dari 500 pelaku usaha di Gresik bergabung dalam aplikasi "online" itu.

"Gresik pernah punya klub sepak bola terkenal, tercatat sebagai kota santri, industri, perikanan, pariwisata, sekarang sebagai daerah yang melek teknologi,” papar pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik itu.

Sebagai putra daerah dan anggota DPR yang dapilnya di Gresik, Gus Jazil tidak hanya sekadar bangga namun juga mendukung sepenuhnya GOLS.

"GOLS tidak kalah dengan aplikasi jual beli yang sudah mendunia. GOLS buatan anak bangsa sendiri. Pada Peringatan Sumpah Pemuda ini, kita tampilkan inovasi dan kreasi dari para pemuda," ujarnya.

Oleh karena itu, Gus Jazil mengajak masyarakat Gresik dan sekitarnya untuk bergabung dan menggunakan aplikasi itu karena membuat proses penjualan dan pemasaran produk dari PKL dan pelaku UMKM semakin cepat, efektif, dan tidak mengenal buka tutup toko.

"Sebab, aplikasi online selama 24 jam. Aplikasinya pun juga mudah. GOLS bentuk sinergi antara teknologi digital dengan sektor UMKM. Bila ada aplikasi bike dan car yang bisa melayani lewat 'online', di GOLS juga ada. GOLS juga membantu para driver," ujarnya.

Ia mengajak semua pihak, pelaku industri besar, pemerintahan Gresik, dan pemerintahan Provinsi Jawa Timur memberi dukungan kebijakan, pelatihan SDM, dan akses modal bagi pemuda yang berinovasi membuka toko online berbasis UMKM.

Gus Jazil juga berharap pada pengelola GOLS agar jangkauan layanan ditingkatkan sehingga tidak hanya seputar Gresik, namun meluas hingga tingkat nasional, bahkan dunia.

"Kalau tidak demikian jangan harap bisa berkembang. Yang bisa bertahan adalah mereka yang kreatif dan inovatif," pungkasnya.

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Saatnya pemuda membangun usaha berbasis digital
Baca juga: HNW: Mahkamah Kehormatan Majelis segera terwujud

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020