Jakarta (ANTARA) - Harley-Davidson dikenal sebagai produsen sepeda motor besar (moge) ikonik asal Amerika Serikat, tetapi ternyata awalnya perusahaan ini tidak memproduksi sepeda motor seperti yang Anda kira melainkan kendaraan unik yang tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Kemampuan untuk berubah dan beradaptasi agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan selama lebih dari satu abad merupakan inti dari model bisnis Harley-Davidson. Berikut lima kendaraan yang pernah dibuat Harley-Davidson yang mungkin tidak banyak diketahui oleh penggemarnya.

1. Forecar
Kendaraan roda tiga yang pertama kali diproduksi oleh Harley-Davidson adalah Forecar, yang digunakan untuk pengiriman barang komersial. Hanya bertahan tiga tahun, diproduksi antara 1913 hingga 1915 dan ditawarkan hanya dalam satu model.

Forecar menggunakan penggerak sepeda motor rantai silinder kembar Harley-Davidson® standar dengan garpu depan dan roda depan di atasnya ditumpangi kotak pengiriman barang yang terhubung ke kepala kemudi. Forecar memiliki kapasitas muatan 600 pounds (272 kg) dan digunakan untuk mengirimkan segala sesuatu mulai dari surat hingga bahan makanan.

Baca juga: Triumph membuka pemesanan Tiger 900

Baca juga: Mantan bos Puma jadi CEO Harley Davidson
Harley-Davidson Forecar, kendaraan pertama yang diproduksi Harley-Davidson untuk keperluan pengiriman barang. (ANTARA/Harley-Davidson)


2. Mesin potong rumput Worthington Overgreen
Pada tahun 1929 Harley-Davidson mulai memasok mesin katup samping silinder tunggal ke perusahaan pembuat mesin pemotong rumput Worthington untuk menggerakkan pemotong rumput model Overgreen. Charles Campbell Worthington menemukan mesin pemotong komersial besar untuk memotong rumput di lapangan golf profesional yang baru muncul setelah praktik sebelumnya menggunakan domba.
Mesin pemotong rumput Worthington yang menggunakan mesin buatan Harley-Davidson. (ANTARA/Harley-Davidson)


3. Utilicar
Berdasarkan kesuksesan Model D Golf Car, pada tahun 1965 Harley-Davidson memulai debutnya dengan Utilicar untuk model tahun 1966. Dua model diproduksi, versi listrik untuk digunakan di dalam pabrik dan versi bensin untuk penggunaan di luar ruangan.
Utilicar, kendaraan roda tiga buatan Harley-Davidson. (ANTARA/Harley-Davidson)


Utilicar memiliki kapasitas muatan 750 pounds (340 kg) dan versi bensin mampu melaju hingga 32 miles per jam (sekitar 51 km per jam). Lima kombinasi kargo yang berbeda juga tersedia: flatbed, kotak kargo baja, kotak tiang, kotak tiang kargo dan pengangkut personel. Itu juga bisa dipesan dengan penutup kabin fiberglass opsional.

Baca juga: Harley-Davidson bawa Model Year 2020 ke Indonesia

Baca juga: Berhemat selama corona, Harley Davidson potong gaji bos dan karyawan


4. Mesin Roket Drone LR-64
Dimulai pada pertengahan 1960-an, AMF menandatangani kontrak pembuatan mesin roket kecil untuk militer AS. Kontrak tersebut berlanjut hingga era merger AMF Harley-Davidson (1969-1981) dan seterusnya.
Drone LR-64, kendaraan tanpa awak (drone) target yang menggunakan mesin jet Harley-Davidson. (ANTARA/Harley-Davidson)


Harley-Davidson memproduksi mesin LR-64 kecil selama hampir 30 tahun. Tujuan mesin tersebut adalah untuk mendorong drone target AQM-37A Supersonic untuk militer AS. Drone digunakan untuk mensimulasikan serangan rudal balistik antarbenua yang masuk dari agresor asing dalam latihan jet tempur.

5. Kapal Tomahawk
Perusahaan Manufaktur Kapal Tomahawk di Tomahawk, Wisconsin dibeli oleh Harley-Davidson pada tahun 1961. Harley-Davidson terus memproduksi kapal Tomahawk hingga tahun 1965.
Kapal motor Tomahawk buatan Harley-Davidson setelah mengakuisisi Tomahawk. (ANTARA/Harley-Davidson)


Akan tetapi, perusahaan memiliki kebutuhan yang semakin besar akan kemampuan manufaktur fiberglass untuk memasok mobil golf, Servi-Car dan bodi sespan, serta fairing sepeda motor dan kantong pelana.

Untuk perahu, beberapa panjang dan versi yang berbeda diproduksi mulai dari model pancing 11 kaki hingga kapal pesiar 18 kaki. Konfigurasi mesin inboard dan outboard juga tersedia


Baca juga: Harley Davidson lapor adanya penurunan permintaan selama pandemi

Baca juga: BMW R18 Classic Tourer pakai mesin baru "Big Boxer"

Baca juga: Harley-Davidson akan pangkas 140 tenaga kerja di AS

 
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020