Sudin KPKP Jakbar layani vaksinasi rabies puluhan hewan

id Sudin kpkp jakarta barat, Pemkot jakbar, vaksinasi rabies gratis, sentra flora dan fauna,Semanan,Vaksin rabies

Sudin KPKP Jakbar layani vaksinasi rabies puluhan hewan

Pemberian vaksinasi rabies dan pemeriksaan kesehatan gratis hewan peliharaaan di Sentra Flora dan Fauna Semanan, Kalideres, Sabtu (31/10/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat melayani vaksinasi rabies secara gratis untuk 50 hewan libur hari 31 Oktober lalu.

Pelaksanaan vaksinasi rabies tersebut dilaksanakan di Sentra Flora dan Fauna (Flona) Semanan, Kalideres.

"Target sebanyak 50 hewan penular rabies telah divaksinasi gratis dan di sini kita juga adakan pemeriksaan kesehatan," ujar Kasudin KPKP Jakarta Barat, Iwan Indriyanto di Jakarta, Ahad.

Rata-rata yang datang ke vaksinasi tersebut adalah pemilik kucing di Jakarta Barat, namun ada juga yang dari Tangerang.

Kegiatan tersebut dalam rangka mendukung Jakarta bebas rabies, sekaligus memberikan pelayanan kepada masyarakat agar hewan peliharaan bisa terawasi kesehatannya.

Kegiatan tersebut akan berlanjut sebulan sekali di hari libur. Hal itu ditujukan agar vaksinasi rabies dapat menjangkau masyarakat lebih luas, khususnya yang hanya punya waktu di hari libur.

Baca juga: Vaksinasi rabies di wilayah Jaksel capai 70 persen
Baca juga: Jakpus targetkan beri vaksin rabies ke 4800 hewan hingga akhir 2020
Sentra Flora dan Fauna Semanan. (ANTARA/Devi Nindy)

Pelaksanaannya direncanakan di tempat yang sama, sembari mempromosikan kawasan Sentra Flora dan Fauna Semanan sebagai tempat alternatif wisata di Jakarta.

"Tujuan kegiatan ini selain bisa untuk tempat wisata, melihat komoditas pertanian, peternakan dan perikanan," katanya.

Di Sentra Flona Semanan juga ada tanaman hias, ikan cupang dan ada kegiatan vaksinasi rabies gratis. "Warga bisa memanfaatkan kegiatan ini," kata dia.

Umumnya para pemilik hewan penular rabies mendapat informasi vaksinasi gratis dari grup pertemanan mereka yang menyebarkan informasi dari Pemkot Jakbar.

Warga Kampung Semanan RW 12, Kelurahan Duri Kosambi, Dini Komala (41), mengaku menanti vaksin gratis itu untuk kucingnya.

Ia berharap kegiatan tersebut lebih sering diadakan agar semakin banyak masyarakat yang mendapat pelayanan vaksin hewan kesayangannya dalam rangka menyukseskan Jakarta bebas rabies.

“Saya sengaja bawa kucing kesayangan untuk divaksin di sini, kalau bisa kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan dan pemberitahuannya digencarkan lagi biar masyarakat lebih banyak yang tahu," katanya.

Menurut dia, vaksinasi ini sangat bagus untuk hewan peliharaan agar terjaga kesehatannya.

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar