Saya pikir ia sangat cocok. Ia sangat tenang, sangat cerdas. Saya sangat senang ia bisa mencetak gol kemenangan
Jakarta (ANTARA) - Jose Mourinho memuji "kepribadian" Gareth Bale setelah mencetak gol kemenangan Tottenham Hotspur melawan Brighton dan mengatakan bahwa ia sangat menantikan untuk mendengar bagaimana orang-orang di Madrid merespons terhadap penampilannya tersebut.

Bale mencetak gol pertamanya di Tottenham sejak bergabung kembali dengan status pinjaman dari juara La Liga Madrid pada September.

Gol tersebut memastikan kemenangan 2-1 Spurs atas Brighton pada Senin untuk membawa mereka menempati posisi kedua di Liga Premier Inggris, dua poin di belakang pemuncak klasemen Liverpool.

Baca juga: Gareth Bale bawa Tottenham bekuk Brighton

Harry Kane mencetak gol pertama Spurs dalam laga tersebut melalui tendangan penalti sebelum Tariq Lamptey menyamakan kedudukan untuk Brighton pada menit ke-56.

Gol tersebut adalah yang ke 149 untuk Harry Kane di liga Inggris dan sekaligus membuatnya menyamai Les Ferdinand sebagai pencetak gol terbanyak ke 10 di sepanjang sejarah kompetisi itu.

Bale memastikan Spurs meraih tiga poin melalui gol kemenangannya pada menit ke-73 setelah menyundul bola dari jarak dekat hanya tiga menit setelah menggantikan Erik Lamela.

Pelatih Spurs, Mourinho mengatakan bahwa ia senang dengan kontribusi pemain timnas Wales itu dan tidak bisa menahan diri untuk memberikan komentar terhadap Real Madrid.

Sejak ditangani Zinedine Zidane, Real Madrid memang mulai jarang memberikan Bale waktu bermain. Mereka bahkan hampir melepaskan sang pemain ke klub China sebelum ia akhirnya kembali ke Spurs musim panas ini.

"Selama sepekan atau lebih sekarang, ia semakin baik," kata Mourinho dalam konferensi pers usai pertandingan yang dikutip Goal pada Senin.

"Bukan hanya dari apa yang kita lihat, datanya juga mendukung. Kami tahu, Gareth tahu. Kami berbagi ide dan perasaan."

"Ia pantas mendapatkan itu (gol). Ketika saya memiliki waktu lima menit, saya akan membuka Safari untuk melihat situs web Madrid untuk melihat apa yang mereka katakan tentangnya."

Baca juga: Mourinho: tidak bisa harapkan Bale yang sama dengan tujuh tahun lalu

"Ia menunjukkan kepribadian yang hebat dan memiliki pengaruh yang besar, mencetak gol yang sangat penting bagi kami. Ia juga bergabung dengan Harry dengan cara yang sangat berpengalaman untuk memainkan 15 menit terakhir bagi kami," tambah pelatih berusia 57 tahun itu.

"Mereka sangat pintar, sangat cerdas, terutama dalam menahan bola dan membawanya ke zona di mana mereka tidak bisa melukai kami."

"Ia tahu bahwa kami peduli padanya dan ia peduli dengan klub. Saya pikir ia sangat cocok. Ia sangat tenang, sangat cerdas. Saya sangat senang ia bisa mencetak gol kemenangan."

Bale sejauh ini baru sekali menjadi starter dan tiga kali bermain sebagai pengganti sejak kembali ke London utara untuk perlahan-lahan memulihkan kebugarannya.

Mourinho mengungkapkan bahwa ia akan menurunkan Bale sejak awal di pertandingan Liga Europa pada dini hari Jumat WIB melawan Ludogorets.

"Ia belum bisa bermain 90 menit penuh," tambahnya. "Kami menggunakan Liga Europa untuk memberinya menit bermain dan kapan kami bisa bermain di Liga Premier."

"Tentu saja ia menjadi lebih baik. Ia akan menjadi starter pada Kamis (waktu setempat), tetapi ia tidak akan bermain 90 menit. Saya akan menggunakannya dengan cara yang benar."

Baca juga: Bale siap terbang, kata Mourinho
Baca juga: Gareth Bale turun sejak awal dalam lawatan Tottenham ke Antwerp

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020