tidak ada lagi yang dirawat di Rusun BP Batam
Batam (ANTARA) - Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam Kepulauan Riau mencatat tambahan 159 orang sembuh dari paparan virus corona pada Selasa, hingga total yang pulih mencapai 2.268 orang.

Jumlah warga yang dinyatakan sembuh hari ini relatif banyak dibandingkan hari-hari sebelumnya, yang rata-rata hanya mencapai 20 orang per hari, kata Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19, Azril Apriansyah meski belum bisa memberikan rincian warga yang dinyatakan pulih.

"Rilis menyusul," kata dia.

Gugus Tugas juga mencatat tambahan 31 orang positif COVID-19, hingga totalnya menjadi 2.933 orang.

Dari tambahan 31 orang yang positif, lima orang di antaranya kasus konfirmasi bergejala, 24 orang tanpa gejala, dan dua orang konfirmasi kontak.

Dengan tambahan itu, kini sebanyak 598 orang masih dalam perawatan 15 rumah sakit, Bapelkes, dan isolasi mandiri.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi menyatakan kini tidak ada warga yang dirawat di Rusun BP Batam. Padahal hingga Senin tercatat 147 orang masih dirawat di rumah susun itu.

Baca juga: Kepri dorong Pemkot Batam miliki tes usap lantatur

Baca juga: Rusun BP Batam disiapkan sebagai lokasi isolasi positif COVID-19


Gugus Tugas merinci, sebanyak 19 orang menjalani isolasi mandiri, 15 orang di Bapelkes, 28 orang di RS Awal Bros, 39 orang di RS Bhayangkara, 18 orang di RS Budi Kemuliaan, empat orang di RS Camatha Sahidya, 369 orang di RSKI, 22 orang di RS Harapan Bunda, seorang di RS Keluarga Husada, dan 12 orang di Graha Hermine.

Lalu dua orang di RS Soedarsono D, 19 orang di RSUD Embung Fatimah, seorang di RS Elisabeth Sei Lekop, enam orang di RS Elisabeth Batam Kota, 11 di RS Elisabeth Lubuk Baja, 31 orang di RSBP, dan seorang di RS Mutiara Aini.

"Sudah tidak ada lagi yang dirawat di Rusun BP Batam," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi.

Sementara itu, dengan tambahan tersebut, maka delapan kecamatan masih berstatus zona merah yaitu Sekupang dengan 103 orang masih dalam perawatan, Batuaji dengan 63 orang, Sagulung dengan 102 orang, Sei Beduk dengan 81 orang, Bengkong dengan 51 orang, Lubuk Baja dengan 33 orang, Nongsa dengan 27 orang, dan Batam Kota dengan 120 orang.

Sedang Kecamatan Batuampar berzona merah muda dengan 15 orang dalam perawatan dan Belakangpadang berstatus zona kuning dengan tiga orang masih dalam perawatan.

Dua kecamatan lainnya zona hijau yaitu Bulang dan Galang, tanpa seorang pun yang dirawat karena COVID-19. Kedua kecamatan itu berwilayah di pulau-pulau penyangga.

#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker

Baca juga: Kepri siapkan ruang isolasi untuk asimptomatik COVID-19

Baca juga: Batam siapkan lokasi isolasi pasien COVID-19 berkapasitas 1.300 orang

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020