Kasus positif COVID-19 di Belitung Timur bertambah jadi empat orang

id covid belitung timur

Kasus positif COVID-19 di Belitung Timur bertambah jadi empat orang

Sekretaris Daerah Pemkab Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi. ANTARA/Ahmadi.

Koba, Babel, (ANTARA) - Kasus pasien positif terpapar virus COVID-19 di Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, bertambah menjadi empat orang dari sebelumnya sebanyak tiga orang yang dirawat.

"Terjadi penambahan satu kasus baru hari ini dan pasien sudah dirawat dan diisolasi," kata Sekretaris Daerah Pemkab Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi di Manggar, Selasa.

Ikhwan menjelaskan, hingga sekarang berdasarkan data Pusat Informasi Perkembangan Kasus COVID-19 Kabupaten Belitung Timur tercatat sebanyak 16 orang terkonfirmasi positif terpapar virus corona.

"Dari 16 kasus tersebut, sebanyak 12 orang sudah dinyatakan sembuh dan sekarang hanya tinggal empat pasien yang masih dalam perawatan, termasuk satu kasus baru warga terpapar virus corona," ujarnya.

Baca juga: Kontak erat positif COVID-19, ASN Belitung Timur diisolasi di kantor

Baca juga: Belitung Timur tambah anggaran penanganan COVID-19 Rp16,1 miliar

Ia juga mengatakan sebanyak 16 orang dalam pemantauan (ODP) dan enam warga berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) terkait kasus corona.

Berdasarkan data juga tercatat sebanyak 602 berstatus orang dengan risiko (ODR) dan 652 berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Sebanyak 602 orang dengan risiko tersebut sudah mengikuti proses isolasi mandiri dan tetap dalam pengawasan tim medis.

Sementara sebanyak 652 OTG dengan rincian sebanyak 507 sudah selesai proses pemantauan dan sebanyak 145 dalam proses pemantauan.

"Kami terus melakukan penelusuran terhadap warga yang berpotensi pernah berkontak langsung dengan pasien positif virus corona," ujarnya.

Rapid test dan tes usap PCR masal juga terus dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru.

"Imbauan dan sosialisasi terkait adaptasi kebiasaan baru juga terus dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran warga menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak," ujarnya.*


Pewarta : Ahmadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar