Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta berharap rencana pembangunan pelabuhan di kawasan Pantai Gesing, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul dapat menjadi alternatif pelabuhan perikanan di daerah ini sehingga kapal nelayan dengan ukuran kecil hingga besar dapat berlabuh.

"Kami coba mengembangkan di Gesing dengan harapan ada alternatif kapal yang bisa mendarat," kata Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa.

Menurut Sultan, Pemda DIY perlu mengembangkan Pelabuhan Perikanan di Gesing karena pembangunan pelabuhan serupa yakni Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kabupaten Kulon Progo yang telah dimulai sejak 2004 tidak kunjung selesai.

Baca juga: KKP dorong Palabuhan Ratu menjadi pelabuhan perikanan samudera

Apalagi, kelanjutan pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto, menurut dia, hingga saat ini masih menunggu kepastian pembiayaan dari Kementerian Keuangan karena kajiannya belum selesai.

"Kita coba dulu (membangun pelabuhan perikanan di Gesing) karena kita punya problem di Adikarto," kata Sultan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) DIY Bayu Mukti Sasongka mengatakan progres pembangunan Pelabuhan Gesing saat ini telah memasuki tahap penyusunan master plan.

Baca juga: Pemerintah integrasi pelabuhan perikanan dan pasar ikan internasional

Menurut dia, dengan menjadikan pangkalan pendaratan ikan di Gesing menjadi Pelabuhan Perikanan Pantai diharapkan banyak kapal-kapal penangkap ikan berukuran besar mulai 10 sampai 30 Grosston (GT) bisa berlabuh di pesisir DIY.

Dengan demikian, menurut Bayu, produktivitas ikan tangkap yang masuk di DIY bisa semakin meningkat. "Sampai saat ini pelabuhan untuk tambat labuh kapal baru ada di Pelabuhan Sadeng, tapi daya tampungnya sudah maksimal," kata Bayu.

Sebelumnya, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunung Kidul Rujimanto mengatakan lokasi di Pantai Gesing lebih mudah diakses dibandingkan di Pelabuhan Sadeng. Jarak menjadi acuan karena Gesing lebih dekat ketimbang Sadeng yang berada di ujung timur Gunung Kidul.

Untuk itu, ia mendukung penuh upaya pembangunan pelabuhan di Pantai Gesing. Meski demikian, ia berharap permasalahan nelayan tidak hanya pada fasilitas kepelabuhanan, namun juga butuh pendukung lain seperti fasilitas pelatihan dan bantuan alat untuk mengoptimalkan hasil tangkapan ikan.

"Semua harus dipersiapkan sehingga hasilnya pun bisa dirasakan oleh nelayan," katanya.
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020