Lubuk Pakam (ANTARA) - Pemkab Deli Serdang, Sumatera Utara, akan fokus pada empat prioritas di tahun 2012 yang diharapkan mampu membangkitkan perekonomian daerah pascapandemi COVID-19.

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar di Lubuk Pakam, Selasa, mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan pengantar nota keuangan Ranperda APBD Deli Serdang tahun anggaran 2021 kepada DPRD Deli Serdang.

Dalam pengantar nota keuangan tersebut disampaikan bahwa dengan memperhatikan permasalahan dan tantangan yang akan dihadapi, baik ekonomi makro maupun sasaran pembangunan tahun 2021, maka ditetapkan empat prioritas pembangunan tahun 2021.

Empat prioritas tersebut yaitu, pertama peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang didukung teknologi, kedua pemulihan kesejahteraan masyarakat dan transformasi ekonomi berbasis sumber daya.

Ketiga, percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi antar wilayah, dan keempat pemantapan peran pemerintahan yang baik dan bersih.

"Melalui empat prioritas itu diharapkan mampu menjawab secara bertahap berbagai permasalahan pembangunan di Kabupaten Deli Serdang," katanya.

Pada kesempatan itu Ali Yusuf juga menyampaikan pada tahun 2019, pertumbuhan ekonomi Deli Serdang meningkat dari tahun sebelumnya menjadi 5,18 persen.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi itu didukung stabilnya pertumbuhan lapangan usaha penggerak utama perekonomian yaitu sektor industri pengolahan, pertanian dan perdagangan.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Deli Serdang ditopang oleh stabilnya pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan terjaganya minat investasi.

Namun pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi Deli Serdang mengalami penurunan seiring dengan penyebaran COVID-19 yang menekan sebagian besar pertumbuhan usaha.

Juga menyebabkan terputusnya mata rantai pasokan barang dan jasa, terganggunya mobilitas masyarakat, terhambatnya kegiatan ekonomi khsususnya pada sektor UKM dan UMKM serta pariwisata yang berdampak terhadap bertambahnya angka pengangguran dan kemiskinan.

"Akibatnya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Deli Serdang mengalami perlambatan dan diperkirakan tumbuh maksimal sebesar 2,50 persen," katanya.

Pewarta: Juraidi
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2020