Mukomuko (ANTARA) - Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu dan pemangku kepentingan lain membagikan, serta mengedukasi manfaat dari masker tiga lapis kepada masyarakat di kawasan pasar, guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Sejak beberapa hari ini masker bantuan dari pemerintah pusat dibagikan kepada masyarakat yang ada di pasar daerah ini. Kita tidak hanya membagikan tetapi juga mengedukasi masyarakat tentang manfaat memakai masker,” kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Dyah Risana dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Pemerintah Kabupaten Mukomuko menerima bantuan sebanyak 21 ribu masker kain tiga lapis dari Kementerian Kesehatan yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat yang mobilitasnya tinggi.

Dyah menuturkan Pemkab Mukomulo bersinergi dengan TNI, Polri dan Satgas Penanganan COVID-19 di desa, untuk membagikan masker kain tiga lapis dan mengedukasi masyarakat terkait manfaat memakai masker.

“Kita memberikan masker ini sambil memberikan edukasi kepada Masker terkait manfaat mamakai masker adalah mencegah penularan COVID-19 di daerah ini,” ujar Dyah.

Selain itu, Dyah mengatakan Dinas Kesehatan Mukomuko menggandeng instansi lainnya mengadakan kegiatan serupa pada sejumlah tempat usaha dan lokasi pertemuan.

“Kita lakukan razia masker di sejumlah tempat tersebut kemudian kita bagikan masker dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait manfaat mamakai masker,” tutur Dyah.

Saat ini menurut Dyah, pelaku kesehatan gencar mempromosikan protokol kesehatan, salah satunya mensosialisasikan penggunaan masker kepada masyarakat di sejumlah pasar.
​​​​​
"Jangan sampai masyarakat lengah terhadap protokol kesehatan," tutud Dyah.

Ia menilai saat ini masyarakat tidak kewaspadaan masyarakat terhadap penyebaran COVID-19 mulai menuruni, padahal buktinya masih ada masyarakat yang terinfeksi virus asal Wuhan, China itu.
#satgascovid19
#ingatpesanibupakaimasker

Baca juga: Pemkab Mukomuko bantu korban longsor
Baca juga: Kepala puskesmas wafat, Mukomuko imbau puskesmas terapkan prokes

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2020