Thulasendrapuram, India (ANTARA) - Penduduk desa di India, tempat Kamala Harris berasal, pada Kamis melukis slogan di jalan-jalan berisi harapan kemenangannya, sementara Joe Biden, calon presiden dari Partai Demokrat dalam pemilihan presiden Amerika Serikat semakin mendekati Gedung Putih.

Desa Thulasendrapuram, yang terletak sekitar 320 kilometer di selatan Chennai, adalah tempat kakek dari pihak ibu Harris lahir lebih dari satu abad yang lalu.

“Dari kemarin kami heboh dengan hasil akhirnya. Sekarang, kami mendengar berita positif. Kami menunggu untuk merayakan kemenangannya," kata Abirami, warga Thulasendrapuram.

Banyak tetangganya menonton informasi terkini soal penghitungan suara pemilu AS di ponsel mereka.

Desa hijau yang subur di selatan negara itu juga telah dihiasi poster Harris, dan doa yang dipanjatkan di kuil Hindu setempat.

Biden memimpin penghitungan suara dan telah diperkirakan akan menang di negara bagian yang diperebutkan dengan ketat --termasuk Arizona, Georgia, Nevada, dan North Carolina--- yang masih menghitung suara dan membuat hasil pemilihan belum pasti.

Kakek Harris, PV Gopalan, dan keluarganya pindah ke Chennai hampir 90 tahun yang lalu. Dia pensiun di sana sebagai pejabat tinggi pemerintah.

Harris, yang lahir dari seorang ibu India dan ayah Jamaika yang sama-sama berimigrasi ke AS untuk belajar, mengunjungi Thulasendrapuram ketika dia berusia lima tahun dan berulang kali teringat saat berjalan-jalan dengan kakeknya di pantai Chennai.


Sumber: Reuters

Baca juga: Kamala Harris, inspirasi pemimpin perempuan India di desa leluhurnya

Baca juga: Debat pertama cawapres AS soroti isu COVID-19

Baca juga: Biden yakin menang dalam Pilpres AS, Trump ajukan gugatan



 

AS perpanjang pembebasan tarif bea masuk untuk Indonesia

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020