Luasan RTH Kota Medan sejak tahun 2013 tidak bertambah signifikan seiring dengan pertumbuhan aktivitas kota
Medan (ANTARA) - Ketua Forum Daerah Aliran SUngai (DAS) Deli, Luhut Sibombing meminta Pemkot Medan, Sumatera Utara menambah ruang terbuka hijau (RTH), mengingat sejak tahun 2013 tidak ada penambahan, padahal keberadaannya sangat penting bagi kenyamanan masyarakat di kota itu.

"Luasan RTH Kota Medan sejak tahun 2013 tidak bertambah signifikan seiring dengan pertumbuhan aktivitas kota," katanya di Medan, Kamis.

Padahal, kata dia, pertumbuhan gas karbon dioksida (CO2) secara sederhana bisa dilihat dari banyaknya sepeda motor berhenti pada saat lampu lalulintas berubah merah.

Ia mengatakan, dengan luasan Kota Medan sebesar 26.000 hektare sebenarnya peluang untuk menambah RTH baru cukup besar, terlebih banyaknya sungai besar yang mengalir membelah Kota Medan.

Utamanya, kata dia, adalah Sungai Deli yang memanjang dari Titi Kuning sampai daerah Bagan Deli dan Sungai Babura, mulai dari Johor sampai dengan belakang Gedung IBBI Jalan Sei Deli.

"Daerah bantaran sungai (foodplain) tersebut seharusnya dapat diubah menjadi RTH baru," katanya.

Ia mengatakan keberadaan RTH bukan hanya menyangkut kesinambungan lingkungan di sekitarnya, namun juga akan mendukung lingkungan lainnya seperti sungai tersebut.

Menurut dia, RTH yang di dalamnya termasuk hutan kota ada yang bersifat publik dan ada juga bersifat privat.

Sifat privat adalah pekarangan/tanah milik masyarakat, sedangkan publik adalah lahan-lahan yang merupakan aset pemerintah kota.

Keberadaan ruang terbuka hijau diharapkan mampu membangkitkan sisi humanisme manusia yang mulai hilang di era disruptif saat ini.

Ia menambahkan RTH memberikan wadah bagi keluarga untuk berkumpul untuk menikmati waktu yang berkualitas, memberikan jasa lingkungan yang beragam, mulai dari estetika, suhu udara ambient, dan penyerap CO2 siang hari.

"Mengarahkan pembangunan ke bagian Utara Kota Medan merupakan salah satu peluang dalam upaya menambah RTH tersebut, sekaligus mengurangi disparitas pembangunan yang selama ini masih berlangsung antara Utara dan Selatan Kota Medan," demikian Luhut Sibombing.

Baca juga: 21 Hektare Lagi Untuk Hijaukan Medan

Baca juga: Sosialisasi cegah COVID-19 digelar Kodim 0201/BS di Sungai Deli-Medan

Baca juga: Pemprov Sumut akan bangun tol sungai

Baca juga: Warga Serdang Bedagai-Sumut diajak jaga kelestarian ekosistem sungai

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020