Pemkot Pekalongan siagakan 20 rumah pompa antisipasi banjir

id Pemkot Pekalongan, rumah pompa

Pemkot Pekalongan siagakan 20 rumah pompa antisipasi banjir

Foto udara rumah pompa Pabean di Pekalongan, Jawa Tengah, Jumat (3/1/2020). ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/pras.

Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyiagakan sebanyak 20 rumah pompa untuk mengantisipasi banjir seiring dengan meningkatnya curah hujan yang melanda di daerah itu.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan Khaerudin di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya siap merespons datangnya bencana secara cepat sering memasuki musim penghujan.

"Saat ini curah hujan mulai cukup tinggi sehingga kami respons antisipasi banjir dengan menyiagakan 20 rumah pompa di sejumlah titik," katanya.

Baca juga: Antisipasi banjir, sungai di Pekalongan-Jateng dinormalisasi

Khaerudin mengatakan Dinas PUPR telah melakukan antisipasi banjir dengan melakukan pengecekan kelayakan kondisi pompa rumah yang disiagakan di sejumlah titik.

Rumah pompa yang telah dibangun di beberapa titik lokasi itu, kata dia, disiagakan dan akan terus dipantau oleh 32 orang tenaga satuan tugas (satgas) untuk melakukan langkah antisipasi dan penanganan banjir.

"Satgas tersebut akan bergerak melakukan perbaikan dan perawatan pompa rumah. Adapun khusus pada titik-titik rawan genangan banjir maka pergeseran (shift) jaga satgas akan ditambah yang semula 2 shift menjadi 3 shift untuk mengantisipasi banjir di saat terjadi malam hari," katanya.

Baca juga: Mensos serahkan bantuan banjir Pekalongan Rp1,2 miliar

Ia mengatakan satgas akan bekerja mulai pukul 07.00 WIB hingga 12.00 WIB untuk shift pertama, kemudian shift dua mulai pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB dan shift selanjutnya pukul 19.00 WIB hingga 24.00 WIB.

"Adapun rumah pompa ini antara lain berada di Jalan Patiunus, Randujajar, Jalan Kutilang-Merak, dan Kelurahan Krapyak," katanya.

Ia menambahkan pihaknya masih mengupayakan lagi penambahan pompa baru sebanyak 4 unit yang akan diletakkan di Jalan Kusuma Bangsa (Utara Kampus STAIN), di wilayah Slamaran ada 2 titik, kemudian Jalan Patriot sisi barat (depan Kampus STMIK Pekalongan).

Baca juga: Banjir landa Pekalongan dan Batang, ratusan warga mengungsi

Pewarta : Kutnadi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar