Jakarta (ANTARA) - Kemarin, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong upaya percepatan pengembangan industri sepeda motor listrik di Tanah Air, hingga Menteri BUMN Erick Thohir mendukung langkah dalam investigasi Garuda Indonesia.

Berikut lima artikel ekonomi yang dihimpun Antara di Jakarta, Sabtu, yang masih layak disimak hari ini :

 

1.Banyak manfaat, Kemenperin percepat pengembangan motor listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong upaya percepatan pengembangan industri sepeda motor listrik di Tanah Air, karena akan memberikan beberapa manfaat bagi sistem transportasi dibanding kendaraan konvensional, baik dari aspek lingkungan maupun energi.

"Kami mendorong percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dalam rangka ketahanan energi, peningkatan efisiensi energi, konservasi energi sektor transportasi, dan terwujudnya energi bersih, kualitas udara bersih, dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Doddy Rahadi lewat keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Link : Artikel


2. Kemenkeu akan suntik Bio Farma Rp2 triliun untuk pengadaan vaksin

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatawarta menyatakan tahun ini pihaknya akan menyuntikkan dana sebesar Rp2 triliun kepada holding BUMN farmasi PT Bio Farma (Persero) untuk pengadaan vaksin.

Isa mengatakan rencana penyuntikan dana muncul ketika Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, dan Komisi XI DPR RI melakukan kajian sehingga ditemukan adanya urgensi untuk menambahkan modal ke Bio Farma Group.

Link : Artikel


3. Akademisi UI riset minat beli masyarakat di masa pandemi COVID-19

Tim riset Cluster Innovation and Governance (CIGO) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) meneliti dampak COVID-19 terhadap sikap masyarakat dalam polarisasi antara pandemi dan resesi, serta minat beli masyarakat terhadap beberapa sektor di masa pandemi ini.

"Penelitian yang bekerja sama dengan Tanoto Foundation ini menghasilkan strategi dan rekomendasi kebijakan untuk menekan krisis kesehatan dan krisis ekonomi di Indonesia akibat COVID-19," kata Ketua CIGO FIA UI Eko Sakapurnama dalam keterangannya di Depok, Jawa Barat, Jumat.

Link : Artikel


4. OJK siapkan enam inisiatif strategis kebijakan di 2021

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan enam inisiatif strategis kebijakan pada 2021 untuk menghadapi berbagai perkembangan dan tantangan di sektor jasa keuangan termasuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Enam inisiatif strategis 2021 tersebut yaitu arah pengembangan dan pengawasan sektor jasa keuangan (SJK), penajaman pengawasan SJK terintegrasi berbasis teknologi informasi, percepatan digitalisasi serta optimalisasi ekosistem digital dan literasi digital untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), perluasan akses keuangan dalam rangka mendukung pertumbuhan UMKM dan PEN, penguatan ketahanan dan daya saing SJK, dan pengembangan keuangan berkelanjutan (sustainable finance).

Link : Artikel


5. Erick Thohir: Kami dukung investigasi kasus korupsi Garuda-Bombardier

Menteri BUMN Erick Thohir mendukung investigasi kasus korupsi yang melibatkan Garuda Indonesia dan produsen pesawat internasional Bombardier usai lembaga Serious Fraud Office asal Inggris mengumumkan akan memulai investigasi terhadap kasus yang melibatkan Mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia 2005-2014 Emirsyah Satar.

"Kami di Kementerian BUMN sangat mendukung untuk penindaklanjutan masalah hukum di Garuda karena ini merupakan bagian dari good corporate governance dan transparasi yang dijalankan sejak awal kami menjabat dan sesuai dengan program transformasi BUMN," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Link : Artikel


Baca juga: Garuda Indonesia mulai menerbangkan rute baru melalui Solo
Baca juga: Luhut: Indonesia harap jadi pasar utama kendaraan listrik di ASEAN
Baca juga: Kimia Farma raih penghargaan dari BUMN Track dan Arrbey Consulting


 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020