Kemarin, Gunung Merapi Siaga hingga ikon satwa-puspa nasional 2020

id Gunung Merapi Siaga,Kecombrang,Rusa Timor,Ikon Satwa-Puspa Nasional,Gunung Merapi,BPBD DI Yogyakarta,Gelombang Tinggi,La Nina,Pandeglang,Lebak,Banten

Kemarin, Gunung Merapi Siaga hingga ikon satwa-puspa nasional 2020

Pedagang mengemasi barang dagangannya di kawasan wisata Bungker Kaliadem, Cangkringan, Sleman, DI Yogyakarta, Jumat (6/10/2020). Pedagang di kawasan wisata Kaliadem mulai mengevakuasi barang dagangan serta benda berharga ke tempat yang lebih aman, menyusul naiknya status Gunung Merapi dari Waspada menjadi Siaga. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora dari berbagai daerah menjadi perhatian banyak pengunjung Antaranews.com mulai dari status Gunung Merapi yang meningkat menjadi Siaga atau Level III hingga penetapan kecombrang dan rusa timor menjadi ikon puspa dan satwa nasional 2020.

1. Gunung Merapi naik status jadi Siaga

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta menaikkan status Gunung Merapi dari Waspada atau Level II menjadi Siaga atau Level III.

Kenaikkan status Gunung Merapi diikuti dengan dilebarkannya zona aman dari tiga kilometer menjadi lima kilometer dari puncak Gunung Merapi.

2. Kelompok rentan segera dievakuasi dari lereng Gunung Merapi

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DI Yogyakarta Biwara Yuswantana mengatakan kelompok rentan di kawasan lereng Gunung Merapi, khususnya di Dusun Kalitengah Lor, Cangkringan, Sleman akan segera dievakuasi ke barak pengungsian setelah status gunung naik menjadi siaga.

"Kalau tidak Minggu ya Senin, kalau sudah siap nanti mulai dilakukan evakuasi," kata Biwara di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (6/11).

3. Kecombrang dan rusa timor ikon puspa dan satwa nasional 2020

Dalam rangka Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menetapkan kecombrang dan rusa timor sebagai ikon puspa dan satwa nasional 2020.

"Pemilihan kecombrang yang bernama latin Etlingera elatior dan rusa timor yang bernama latin Cervus timorensis sebagai ikon puspa dan satwa nasional dalam HCPSN 2020 selaras dengan tema kampanye 'Puspa dan Satwa Harapan untuk Ketahanan Pangan dan Kesehatan'," kata Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (6/11).

4. Waspadai gelombang tinggi di sejumlah perairan Indonesia

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini atas potensi gelombang tinggi di sejumlah perairan di Indonesia sepanjang Jumat (6/11).

Dikutip dari laman www.bmkg.go.id, di Jakarta, Jumat dini hari, gelombang tinggi diperkirakan terjadi di perairan Bali, Banten, Bengkulu, Selat Lombok dan Selat Makassar.

5. Pandeglang dan Lebak berpotensi paling terdampak la nina di Banten

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi fenomena La Nina sedang mengarah ke Banten Selatan.

Diperkirakan Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak akan menjadi wilayah yang paling berpotensi terdampak di Banten. 

Baca juga: Gunung Sinabung kembali luncurkan awan panas, warga diimbau menjauh

Baca juga: DLH Jabar terus tangani pencemaran DAS Citarum akibat limbah feses

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar