Medan (ANTARA) - Pelaksana tugas (Plt) Executive General Manajer PT Angkasa Pura II Yudha Permana mengatakan jumlah pengguna jasa di Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatera Utara rata-rata mencapai 8.000 hingga 10.000 orang setiap hari.

"Melihat data yang kami terima dari maskapai, jumlah pengguna jasa pada bulan ini di Bandara Kualanamu tertinggi sekitar 11.000 orang per hari saat cuti bersama kemarin," ujar Yudha, dalam laporannya saat kunjungan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Minggu.

Ia menyebutkan, jumlah penumpang di Bandara Kualanamu itu tertinggi, di tengah pandemi COVID-19.

Sementara itu pergerakan pesawat diperkirakan mencapai 96 penerbangan per hari.

"Kami berharap hal itu dapat terus terjaga, dan yang paling penting adalah PT Angkasa Pura dan seluruh pemangku kepentingan dengan konsisten menerapkan protokol kesehatan melalui konsep Biosafety dan Biosecurity Manajement," ujarnya.

Menurut dia tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) penerbangan di Bandara Kualanamu mencapai hampir 80 persen.

Melalui strategi Safe Travel ini merupakan salah satu upaya Bandara Kualanamu untuk meyakinkan publik bahwa melakukan perjalanan udara adalah hal yang aman dilakukan.

"Pada masa adaptasi kebiasaan baru dan minim risiko penularan Virus Corona (COVID-19) karena penerapan protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan standar internasional," katanya.


Baca juga: Menhub tinjau Bandara Kualanamu apresiasi penerapan protokol kesehatan

Baca juga: Bandara Kualanamu wujudkan penerbangan aman di tengah COVID-19

Baca juga: Bandara Kualanamu tingkatkan fasilitas lindungi penyebaran COVID-19

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2020