Indeks acuan Nikkei terangkat 2,12 persen atau 514,61 poin menjadi 24.839,84, penutupan tertinggi sejak November 1991
Tokyo (ANTARA) - Indeks utama Nikkei Jepang mencapai level tertinggi yang terakhir terlihat hampir tiga dekade lalu pada Senin, setelah Joe Biden merebut kursi kepresidenan AS, dengan Honda Motors memimpin kenaikan di antara para pembuat mobil menyusul angka laba yang kuat.

Investor, yang menunda pembelian minggu lalu karena ketidakpastian politik AS, bergegas untuk membeli saat mereka berfokus pada kemampuan Biden untuk memperluas stimulus fiskal dan langkah-langkah untuk mengurangi penyebaran COVID-19.

Indeks acuan Nikkei terangkat 2,12 persen atau 514,61 poin menjadi 24.839,84, penutupan tertinggi sejak November 1991, menambahkan 8,1 persen dalam lima sesi kenaikan terakhir.

Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas dari seluruh saham yang tercatat di papan utama Tokyo berakhir naik 1,41 persen atau 23,41 poin menjadi 1,6781.90, level yang terakhir terlihat pada akhir Februari.

Honda Motor melonjak 9,4 persen setelah produsen mobil itu membukukan laba kuartalan yang kuat dan menaikkan prospek labanya.

Toyota Motor Corp, yang mengumumkan labanya pada Jumat (6/11/2020), memperpanjang kenaikan sebesar 2,2 persen, meskipun Mazda Motor melawan tren dengan jatuh 2,9 persen setelah mengumumkan hasil laba yang mengecewakan.

Indeks pembuat peralatan transportasi melonjak 2,4 persen.

“Laba perusahaan pulih lebih dari yang diharapkan. Ini juga sangat berarti bagi pasar Jepang bahwa para pembuat mobil menunjukkan pemulihan yang kuat,” kata Takuya Hozumi, ahli strategi investasi global di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities.

"Selain itu, saham-saham Asia Timur, termasuk Jepang, terbantu oleh tingkat infeksi virus corona yang relatif terkendali."

Sushiro Global melambung 15,2 persen setelah operator jaringan restoran sushi tersebut melaporkan laba yang lebih baik dari perkiraan untuk kuartal Juli-September, pulih dari kemerosotan yang dipicu oleh epidemi pada kuartal sebelumnya.

Perusahaan-perusahaan terkait energi terbarukan juga melonjak setelah kemenangan Biden. Renova terangkat 6,4 persen, West Holdings bertambah 3,4 persen dan Erex melesat 13,2 persen.

Di sisi lain, Japan Airlines anjlok 11 persen setelah perusahaan mengumumkan rencananya untuk menjual saham baru untuk mengumpulkan sekitar 1,6 miliar dolar AS. Rivalnya, ANA juga turun 1,9 persen.

Eisai terjun 23,6 persen setelah panel regulator kesehatan AS memutuskan bahwa pengobatan potensial Alzheimer dari perusahaan dan Biogen Inc belum terbukti memperlambat perkembangan penyakit.

Baca juga: Saham Tokyo ditutup lebih tinggi setelah Trump tinggalkan rumah sakit
Baca juga: Saham Tokyo dibuka lebih tinggi setelah kerusakan sistem utama

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020